Helo Indonesia

Para Kontestan Mulai Berkampanye, Istana Berharap Pemilu 2024 bisa Berjalan Lancar dan Damai

Selasa, 28 November 2023 14:15
    Bagikan  
Ari Dwipayana
Tangkapan layar

Ari Dwipayana - Koordinator Staf Khusus Presiden

HELOINDONESIA.COM - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa pihaknya berharap pelaksanaan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dapat berjalan secara lancar dan damai.

Masa kampanye Pemilu 2024 telah resmi dimulai pada Selasa (28/11/2023) hari ini.

Ia mengungkapkan, Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, sehingga harus bisa menjalankan kampanye yang sehat dan berkualitas.

"Karena ini adalah pesta demokrasi terbesar di dunia ya. Kita termasuk tiga negara demokrasi terbesar di dunia. Kita berharap kampanye ini berjalan dengan lancar, sejuk, sehat dan juga berkualitas," ujar Ari di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Selasa (28/11/2023).

Baca juga: LBH Balam: Rumah yang Dieksekusi PJKA, Ada Surat Pelepasan dan SHM

Sementara itu, dalam masa kampanye Presiden Jokowi sudah memberi izin cuti kepada para anggota Kabinet Indonesia Maju yang menjadi calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres).

Seperti yang kita ketahui, ada dua menteri yang ikut dalam kontes Pilpres 2024, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Izin cuti yang diberikan sesuai dengan jadwal yang ada diajukan oleh kedua menteri tersebut.

"Bapak Presiden melalui Mensesneg telah mengeluarkan surat persetujuan cuti kampanye bagi Menkopolhukam Pak Mahfud MD sesuai dengan surat permohonan beliau untuk kampanye di jadwal-jadwal yang sudah beliau sampaikan kepada Presiden," kata Ari.

"Termasuk juga presiden sudah memberikan persetujuan melalui Mensesneg kepada Menhan izin cuti kampanye sesuai dengan jadwal yang juga sudah disampaikan oleh Menhan," imbuhnya.

Mahfud MD sendiri dilaporkan telah mengambil cuti sebagai Menko Polhukam dan memulai berkampanye dari Aceh.

Baca juga: Masa Kampanye Telah Dimulai, Gibran Lebih Memilih Ngantor di Balai Kota Solo

Adapun masa kampanye pemilu berlangsung mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Seluruh capres-cawapres diperkenankan berkunjung ke berbagai wilayah secara bersama-sama ataupun perorangan untuk menyampaikan visi-misi kepada masyarakat.