Helo Indonesia

KPU Kendal Lantik 100 PPK untuk Pilkada 2024, Didominasi Wajah Lama

Kamis, 16 Mei 2024 18:45
    Bagikan  
KPU Kendal Lantik 100 PPK untuk Pilkada 2024, Didominasi Wajah Lama

Ketua KPU Kendal, Khasanudin saat melantik Panitia Pemiihan Kecamatan. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - 100 personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas dalam Pilkada Tahun 2024 se-Kabupaten Kendal dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis 16 Mei 2024 di salah satu rumah makan di Kendal.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji 100 PPK yang terbagi di 20 kecamatan di Kendal ini dipimpin oleh Ketua KPU Kendal, Khasanudin, disaksikan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Kepala Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando, Ketua Bawaslu Kendal, Hevy Indah Oktaria, Camat se-Kabupaten Kendal.

Baca juga: Tim PkM USM Beri Pelatihan Pajak Penghasilan ke Pelaku UMKM Tambakrejo

Khasanudin mengatakan, para petugas PPK yang telah dilantik tersebut akan segera melaksanakan pekerjaannya untuk membantu KPU dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Dimulai dari rapat pleno dengan pemilihan ketua dan masing-masing divisi di setiap PPK kecamatan, serta membantu KPU melaksanakan tes seleksi calon petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Ada aturan-aturan yang akan dilaksanakan. Jika nanti ada permasalahan-permasalahan dilapangan, anda berjuang teguh dan tidak goyah dengan apapun," ujarnya.

Khasanudin menegaskan bahwa sebagai seorang PPK mempunyai tugas yang sangat berat. Bahkan terkadang tidak ada istilah hari libur.

"Jadi PPK itu tak mengenal istilah hari libur. Sewaktu-waktu, baik siang atau malam, saat saya minta data atau laporan harus bisa segera dikirim," tegasnya.

Wajah Lama

Ditambahkan dia, 100 PPK yang baru dilantik tersebut didominasi oleh wajah-wajah lama. Wajah baru hanya di beberapa kecamatan.

Baca juga: Belum Banyak yang Tau, Ini 10 Aplikasi Hacker yang Perlu Kamu Tau

"Harapannya PPK ini bisa membantu KPU bertugas menyukseskan Pilkada 2024 yaitu pemilihan gubernur dan wakil gubernur juga pemilihan bupati dan wakil bupati di tingkat kecamatan," imbuh Khasanudin.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berpesan, agar para petugas PPK dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat menjaga demokrasi dalam pilkada mendatang.

"Saya mengimbau untuk menjaga demokrasi kita agar berjalan dengan jujur, adil, baik. Sehingga kualitas demokrasi di Kendal terus meningkat. Jaga kesehatan karena masih panjang waktunya dan mudah-mudahan mereka bisa bertugas dengan maksimal," pesannya.

Ia juga berpesan agar para petugas PPK tetap menjaga integritas dalam menjalankan tugas mereka. (Anik)