Helo Indonesia

Kotak Suara Pemilu 2024 Tiba di Gudang KPU Kendal

Kamis, 30 November 2023 20:39
    Bagikan  
Kotak Suara Pemilu 2024 Tiba  di Gudang KPU Kendal

Petugas sedang menurunkan kotak suara di gudang KPU Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Logistik Pemilu 2024 berupa kotak suara tiba di gudang KPU Kendal yang terletak di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Kamis 30 November 2023.

Setibanya di gudang KPU Kendal, kotak suara yang berjumlah sekitar 3.075 buah diangkut menggunakan satu armada truk tersebut langsung dibongkar dan diturunkan satu persatu kemudian ditata rapi didalam gudang.

Sekretaris KPU Kendal, Zaeny Ekhsan menjelaskan, logistik Pemilu 2024 berupa kotak suara yang baru tiba tersebut jumlahnya belum genap 100 persen.

Baca juga: Usai Jadi Korban Banjir, Warga Genuksari Dihibur Panggung Budaya Rumah Kita

" Hari ini yang datang dan baru kita bongkar yakni kotak suara sekitar jumlah 3.075 buah, itu belum 100 persen dan nanti kekurangannya menyusul," terang Zaeny Ekhsan.

Ia menjelaskan, selain kotak suara, KPU Kendal sebelumnya telah menerima logistik lainnya. Diantaranya, 6.942 tinta, 13.964 bilik suara, 10.453 alat coblos dan lain sebagainya.

"Kemudian ATK berupa spidol 42.302 buah, bolpoin 25.174 buah, pem perekat 7.289 buah," paparnya.

Zaeny Ekhsan menyampaikan dalam perjalanannya kotak suara yang tiba tersebut pengepakannya sudah dilabeli dengan plastik. Sehingga menurutnya aman dari kerusakan yang diakibatkan air hujan.

"Krmudian, barang yang sudah sampai digudang ini kita tutupi lagi dengan terpal sebagai upaya untuk mengantisipasi kerusakan karena bulan ini mulai hujan. Dan sampai saat ini masih aman, sebagian kecil sudah kita bongkat dan belum ada temuan kerusakan," imbuh Sekretaris KPU Kendal.

Baca juga: Nekat Gowes SBY-JKT, Mantan Wartawan Jawa Pos Tuntut Dana Tunjangan Hari Tua ke Goenawan Muhammad Cs

Sementara Komisioner Bawaslu Kendal, Mukhammad Bahrul Amik yang ikut melakukan pengawasan kedatangan logistik menyampaikan, bahwa Bawaslu juga bertugas melakukan pengawasan saat logistik Pemilu 2024 tiba di lokasi gudang KPU sesuai alat pengawasan kerja.

"Kita bekerja sesuai dengan alat pengawasan kerja. Kita list logistik apa saja yang datang, yang digudang ada apa saja, apakah gudang itu bocor atau tidak. Kemudian misal ada tinta datang, tintanya harus seperti apa saja, kotak suara harus seperti apa," ungkap Bahrul Amik.

Dirinya memastikan, berdasarkan pengawasan dan pengecekan yang telah dilakukan saat ini pihaknya belum menemukan kerusakan pada logistik Pemilu 2024 yang sudah tiba di gudang KPU. (Anik)