Helo Indonesia

Timnas Basket Indonesia U-16, Berpeluang Lolos ke Final FIBA U-16 Asian Championship 2023 di Qatar

Edo - Olahraga
Rabu, 19 Juli 2023 15:22
    Bagikan  
PELUANG
humas pemprov jatim

PELUANG - Timnas Basket Indonesia U-16, berpeluang lolos ke Lolos ke Final FIBA U-16 Asian Championship 2023 di Qatar.

HELOINDONESIA.COM - Kemenangan Timnas Basket Indonesia U-16 atas Malaysia membuka peluang lolos ke babak final FIBA U-16 Asian Championship 2023 di Qatar.

Indonesia menang atas Malaysia di FIBA U-16 Championship 2023 SEABA Qualifiers di GOR Kertajaya, Surabaya, Selasa (18/7/2023) malam.

Timnas Indonesia sukses mengalahkan Malaysia dengan skor akhir 83 - 77, dengan demikian Indonesia bisa mengambil tiket lolos ke babak final untuk menuju Doha Qatar pada September 2023 mendatang.

Permainan cepat langsung diperagakan kedua tim sejak awal laga, hingga terjadi kejar mengejar skor, di pertengahan kuarter Malaysia meninggalkan Indonesia lantaran banyak membuat tembakan tiga angka.

LAWAN THAILAND

Baca juga: Tersentuh Momen Ramadhan, Pebasket Amerika Masuk Islam Setelah Bermain di Palestina

Tim Negri Jiran akhirnya memenangi kuarter pembuka dengan angka 31-21, namun tim polesan Lim Fellix ini terlecut untuk mengejar ketinggalan.

Dengan bermain cepat, Indonesia mampu membongkar pertahanan Malaysia, hingga mendulang poin.

Tidak hanya tembakan 2 angka, beberapa tembakan tiga angka juga lumayan banyak dihasilkan anak-anak Indonesia.

I Ketut Gede Bayu Prayoga dkk tampil dominan yang membuat Malaysia kesulitan menambah poin.

Baca juga: 32 Tim Basket SMP dan SMA se-Kendal Bersaing di Basketball Tournament Dandim Cup 2023

Timnas Indonesia tampil trengginas dan tajam, 24 angka mampu dihasilkan Indonesia, sementata Malaysia cuma menambah 14 angka.

Kuarter kedua pun berakhir 46-44 untuk keunggulan Indonesia, selanjutnya Timnas Indonesia tampil konsisten dengan melakukan serangan cepat.

Prayoga dan Yedija tampil ganas dengan banyak menyumbangkan angka, hingga Indonesia sukses menambah 24 angka dan Malaysia 13 poin untuk menutup kuarter ini dengan skor 70-57.

Beruntung, diakhir laga Indonesia segera bangkit untuk menambah poin, hingga laga menyisakan 2 menit skor 81-77, dan laga ditutup 83-77 untuk kemenengan Indonesia.

Baca juga: Erick Thohir: Presiden Jokowi Pasang Target Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala Dunia U-17

Sementara dalam kompetisi itu, Prayoga menjadi pemain terbaik Indonesia, yang menyumbangkan poin terbanyak dengan mencetak 27 poin.

Pelatih Fellix mengatakan, kunci kemenangan atas Malaysia adalah cukup baik saat bertahan.

"Kalau tidak mau bertahan, ya susah. Ini anak-anak tampil baik," sebut Fellix.

Baca juga: Arema FC Ambil Kiper Timnas Thailand untuk Jaga Gawang Kandang Singo Edan

Selanjutnya Indonesia akan menghadpi laga terakhir dengan tim kuat, Filipina yang sudah mengantongi dua kemenangan atas Malaysia dan Thailand.

Filipina menaklulan Tahailand di laga, Selasa (18/7/2023) dengan skor 85-49. "Kami akan berusaha dsn berjuang meraih kemenangan lawan Filipina. Tidak mudah, butuh kerja keras," pungkasnya Fellix. **