Helo Indonesia

4.000 Atlet Pelajar Berlaga di Popda Jateng, Nana Ingin Mereka Jadi Patriot

Ajie - Olahraga
Kamis, 20 Juni 2024 22:22
    Bagikan  
4.000 Atlet Pelajar Berlaga di Popda Jateng, Nana Ingin Mereka Jadi Patriot

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana didampingi Forpimda membuka Popda 2024, dan menerima piala bergilir dari kontingen Kota Suarakarta sebagai juara umum Popda tahun 2023.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 4.000 atlet pelajar siap berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah 2024 yang resmi dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, di GOR Jatidiri Semarang, Kamis sore 20 Juni 2024.

Popda Jateng 2024 yang mengusung tema ''Berprestasi dan Berdaya Saing'' itu mempertandingkan dan melombakan 26 cabang olahraga dengan memperebutkan 266 medali emas, 266 perak dan 401 perunggu.

ganti

Para atlet berasal daripelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMK/MA. Pertandingan akan dilakukan selama delapan hari, yang dibagi jadi dua tahap yakni 20-23 Juni 2024, dan 24-27 Juni 2024.

Baca juga: Bank bjb Tandamata Belum Pasti ke Final Four Proliga Meski Menang di Akhir Babak Reguler

Dalam sambutan pembukaannya, Nana mengatakan Popda merupakan bagian dari pencarian bibit atlet potensial. Harapannya, Jateng bisa terus menjadi provinsi yang turut melahirkan atlet-atlet kelas nasional bahkan internasional.

Selain itu, Nana menyebut ajang seperti ini bagian dari pembangunan karakter. Sebab, di dalam olahraga terdapat nilai sportivitas, teamwork, dan nasionalisme.

"Kita harapkan, mereka sebagai atlet harus menjadi patriot. Harapannya juga akan tumbuh kejujuran dan keikhlasan,” kata dia.

Baca juga: Antisipasi Menipisnya Sumber Daya Air saat Kemarau, Komisi Irigasi Kabupaten Demak Gelar Rakor

Nana juga menegaskan Popda itu merupakan upaya Pemprov Jateng untuk mencari bibit unggul atlet. Ke depan, dia optimistis Jateng bisa terus tumbuh berkembang, terutama prestasinya. Pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap atlet, sehingga semua bisa berjalan baik.

Pembukaan Popda 2024 ditandai defile kontingen dari 35 kabupaten/kota dan penyerahan piala bergilir dari wakil kontingen Kota Surakarta yang menjadi juara umum Popda 2023 kepada Pj Gubernur Jateng untuk diperebutkan.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Jateng Sumarno bersama anggota Forkopimda, Pelaksana Harian Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jateng Surya Deta Syafrie, Kepala Kesbangol Jateng Haerudin, Plt Dirut Bank Jateng Irianto Harko Saputro, perwakilan KONI Jateng, OPD, dan  bupati/walikota se-Jateng.

Baca juga: Program Tapera, Kadin Kendal Usulkan Sebaiknya Bersifat Opsional

Sedangkan venue yang digunakan dalam Popda 20-23 Juni yaitu pada cabor anggar, berlangsung di Unimus Sport Center. Untuk basket diselenggarakan di Sahabat Arena Semarang, bulutangkis di GOR USM, menembak di Jatidiri, panahan di Lapangan Prof Djumadi Unnes.

Lomba panjat tebing digelar di Jatidiri, pencak silat di lapangan tenis indoor Jatidiri, senam di GSG Pati, sepak takraw di Jatidiri, tenis meja di Jatidiri, taekwondo di Udinus Sport Center, tinju di GSG UIN Walisongo, sepak bola di lapangan Sidodadi, dan Balasuga serta voli di Jatidiri.

Selanjutnya, pada 24-27 Juni 2024, cabor angkat besi di Gedung FIK Unnes, atletik di Tri Lomba Juang, balap sepeda di Velodrome Diponegoro, voli pasir di Jatidiri. Untuk dayung memanfaatkan Sungai Banjirkanal Barat, gulat di Unimus Center, judo di Gedung Korpri Jateng, kempo di GSG BP Diksus, karate di Unisbank, renang di Jatidiri, tenis lapangan di Jatidiri, dan wushu di GSG UIN Walisongo. (Aji)