Helo Indonesia

Momen Libur Waisak, PLBN Entikong Dipadati Ribuan Pelintas Antarnegara

M Ridwan - Nasional
Kamis, 23 Mei 2024 18:53
    Bagikan  
Pelintas,
Ist

Pelintas, - Antusiasme dari pelintas antarnegara melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Sanggau Kalbar.

HELOINDONESIA.COM - Momen libur panjang memperingati Hari Raya Waisak 2024 dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelintas antarnegara untuk berlibur. Antusiasme dari pelintas antarnegara melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) mulai tampak sejak Selasa (21/5/2024) siang.

Menurut pantauan salah satu pegawai PLBN Entikong, sejak Selasa hingga Rabu, puluhan unit angkutan bus keluar dan masuk PLBN Entikong. Para pelintas memilih PLBN Entikong karena strategis bisa mencapai sejumlah wilayah di Malaysia seperti Tebedu dan Serian dengan estimasi waktu relatif cepat.

Sebaliknya pelintas dari Malaysia, juga memilih rute melewati PLBN Entikong untuk bisa mencapai sejumlah wilayah di Indonesia karena kondisi infrastruktur jalan yang sudah beraspal mulus dan lebar. Hal ini juga ditambah dengan layanan moda transportasi darat yang hilir mudik rutin beroperasi.

Baca juga: Pelajari Implementasi Corpu, BPSDM Kemendagri Lakukan Audiensi dengan BPPK Kemenkeu

Antrean sempat mengular panjang di jalur keberangkatan sejak pukul 14.00 WIB dikarenakan rombongan bus yang datang secara bersamaan.

Sementara itu, antrean juga padat dikarenakan pelintas melakukan pemeriksaan barang bawaan di mesin X-ray terlebih dahulu, sebelum melakukan pengecapan paspor di konter Imigrasi.

Kepala PLBN Entikong, Viktorius Dunand, membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa sejak Selasa (21/5/2024) lalu, jumlah pelintas sudah mulai melonjak dari sisi jalur keberangkatan.

“Menjelang libur panjang seperti ini, PLBN Entikong selalu laris dipadati oleh pelintas antarnegara apalagi bersamaan dengan Pekan Gawai Dayak,” ucap Viktor.

Baca juga: Ibu Pedagang Nasi Uduk Dihajar Preman Sampe Kuping Lebam, Kasus Mangkrak di Polsek Ciledug 5 Bulan

Viktor juga menyampaikan bahwa meskipun situasi antrean sangat panjang, kami sebagai pengelola PLBN Entikong melayani semaksimal mungkin secara tertib dan lancar antrean pelintas ini.

Viktor merincikan kembali bahwa, tercatat pelintas sudah sebanyak 3.761 orang pada hari Selasa hingga Rabu.

"Sebanyak 2.467 orang pelintas dari jalur keberangkatan dan sebanyak 1.294 orang dari jalur kedatangan," jelasnya lagi.

Baca juga: Perkuat Bisnis Lumpur Pengeboran, Kilang Pertamina Internasional Unit Dumai Produksi SF 05

Situasi terkini pada Kamis (23/05), pelintas antarnegara terus memadati gedung PLBN Entikong. Puncak arus pelintas terjadi pada pukul 07.00 WIB dan pukul 10.00 WIB.