Helo Indonesia

Cara Menggunakan Shampoo dan Conditioner yang Benar

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 31 Maret 2024 04:08
    Bagikan  
instagram

-

HELOINDONESIA.COM - Mungkin kelihatannya sepele ketika kamu ingin keramas menggunakan shampoo dan conditioner. Tapi dengan mengetahui cara yang baik dan benar menggunakannya, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal, lho. Rambutmu akan terlihat lebih sehat dan indah. Begini nih cara aplikasi yang benar.

1. Gunakan Shampoo dengan Tepat

Keramas sebaiknya dimulai dengan membasahi rambut dengan air hangat. Fungsi air hangat adalah untuk membuka pori-pori kulit kepala agar sampo dapat membersihkan minyak dan kotoran tersembunyi di kulit kepala dengan sempurna.

Setelah rambut basah dan minyak pada kulit kepala keluar karena air hangat tadi, baru setelah itu masuk ke tahap penggunaan sampo. Saat menggunakan shampo pun ada teknik yang tepat, tidak sekedar menggosok kulit kepala.

Supaya kondisioner bisa memberi kelembapan pada rambut lebih efektif, kamu harus membilas sampo secara menyeluruh.

Langkah ini bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran, minyak, keringat, atau produk lain pada rambut. Kamu bisa membilas sampo pada rambut sampai tidak terasa licin.

2. Pakai conditioner dalam jumlah yang tepat

Ada banyak faktor yang menentukan berapa banyak kamu harus memakai produk perawatan ini.

Misalnya, jenis rambut, panjang rambut, dan kebutuhan rambut, apakah rambut rontok, berwarna, atau berketombe. Oleh karena setiap produk bisa berbeda, pastikan kamu membaca aturan penggunaan yang tertera pada kemasan.

3. Gunakan dari ujung rambut

Hal penting yang tidak boleh kamu lupa saat menggunakan kondisioner adalah tidak mengaplikasikannya pada kulit kepala. Sebab, kulit kepala menghasilkan minyak alami yang bertugas untuk menjaga kelembapannya sendiri.

Sementara itu, bagian tengah dan ujung rambut tidak melakukan hal serupa. Inilah alasannya, kamu sebaiknya memakai produk mulai dari bagian ujung rambut hingga batang rambut. Jika mempunyai rambut panjang, kamu bisa mulai mengaplikasikan produk dari rambut pada tingkat dagu ke ujung.

4. Biarkan selama 1 hingga 3 menit

Lama waktu pemakaian akan bergantung pada jenis dan merek kondisioner yang kamu gunakan. Setiap produk perawatan rambut ini mempunyai formula yang tidak sama, termasuk waktu pemakaiannya.

Jadi, kamu tidak boleh lupa untuk membaca instruksi pada botol untuk mengetahui cara tepat penggunaannya.

5. Tidak membilas sepenuhnya

Jika kamu memiliki rambut kering dan keriting, cobalah bereksperimen dengan tidak membilas seluruh helai rambut. Sisakan sedikit kondisioner pada helai rambut yang terasa kasar, keriting, dan kering. 

Kabarnya, cara ini bisa membuat bagian rambut yang kering dan keriting menjadi lebih lembut. Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara perawatan rambut kering lainnya pada artikel Ketahui Cara Terbaik Merawat Rambut Kering.

6. Coba metode co-wash

Selain tidak membilas rambut secara penuh, pemilik rambut kering juga bisa mencoba metode co-wash atau conditioner-washing. Ini adalah mencuci rambut tanpa memakai sampo, tetapi cukup dengan kondisioner.

Metode ini bertujuan untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap ternutrisi, serta mencegah minyak alami terkelupas oleh sampo yang kamu pakai. Cara ini mungkin belum populer, tapi cukup efektif untuk menutrisi rambut kering. 

Meski demikian, jika rambut mulai terasa terlalu berminyak, sebaiknya kamu tetap keramas memakai sampo.