Helo Indonesia

Mobil Terbang Elektrik Pertama di Dunia Kini Resmi Diperjualbelikan, Harganya Tembus Rp4,5 Miliar

Syahroni - Teknologi
Minggu, 2 Juli 2023 11:20
    Bagikan  
Mobil terbang produksi Alef Aeronatics
Tangkapan layar Youtube/ Alef aeronatics

Mobil terbang produksi Alef Aeronatics - Mobil terbang listrik pertama di dunia mulai dipasarkan dengan harga Rp4,5 miliar.

HELOINDONESIA.COM - Sebuah perusahaan California yang membuat mobil terbang listrik sekarang telah menerima pesanan di muka alias preorder untuk mobil yang mereka produksi. Mobil terbang Alef Aeronautics telah diberikan sertifikasi kelaikan udara khusus dari Federal Aviation Administration (FAA), yang berarti perusahaan tersebut akan diizinkan untuk menguji mobil tersebut di jalan/udara, kata perusahaan itu dalam rilis beritanya dilansir dari Fox.

Kendaraan listrik sepenuhnya (dengan opsi hidrogen dengan harga lebih tinggi) adalah kendaraan berkecepatan rendah yang dapat dikendarai hingga 200 mil di jalan umum dan muat di garasi biasa. Namun demikian, mobil tersebut juga dapat diluncurkan secara vertikal ke udara dengan terbang. kisaran 110 mil, menurut situs web Alef.

Mobil "Model A" perusahaan "dapat terbang ke depan di atas rintangan sampai tujuan yang diinginkan tercapai. Pengemudi dan kabinnya distabilkan oleh desain kabin berputar dengan stabilisasi gimbal yang unik." kata perusahaan yang berbasis di San Mateo itu.

Baca juga: Mau Beralih ke Mobil Listrik? Yuk Kenalan dengan Plug-In Hybrid Electric Vehicle

Alef memuji kemampuan mobil untuk menghindari lalu lintas, terbang ke segala arah sambil memberikan tampilan 180 derajat plus sinematik untuk penerbangan yang aman dan menyenangkan. Pelanggan dapat memesan kendaraan di muka, yang dapat menampung hingga dua orang dengan biaya sekitar $300.000 atau sekitar Rp4,5 miliar.

"Menerbitkan Sertifikat Kelaikan Udara Khusus untuk pesawat Armada Model Zero pada 12 Juni 2023. Sertifikat ini memungkinkan pesawat digunakan untuk tujuan terbatas, termasuk pameran, penelitian, dan pengembangan. Ini bukan pesawat pertama. Jenisnya yang FAA telah mengeluarkan Sertifikat Kelaikan Udara Khusus.” Terang seorang juru bicara FAA dilansir dari Fox Business.

Alef pertama kali meluncurkan mobil itu Oktober tahun lalu dan mengatakan telah mengambil sejumlah pesanan yang cukup banyak dari masyarakat dan pelaku bisnis. FAA sedang mengerjakan kebijakan untuk lepas landas dan mendaratkan kendaraan listrik, kata perusahaan itu.

"Kami senang menerima sertifikasi ini dari FAA," kata CEO Alef Jim Dukhovny, yang ikut mendirikan perusahaan pada 2015, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Ini Dia Daftar 10 Mobil Listrik Tercepat di Dunia, Nomor Pertama Bisa Ngalahin Mobil Formula 1 Loh

Dukhovny dan co-founder Constantine Kisly, Pavel Markin dan Oleg Petrov pertama kali terinspirasi untuk mencoba membuat mobil terbang pada tahun 2015, ketika mereka menyadari bahwa itu adalah tahun yang sama ketika Marty McFly mengendarainya dalam "Back to the Future II," the kata situs web.

"Dalam salah satu kuliah Fiksi Ilmiah, Jim Dukhovny berbicara tentang bagaimana mobil terbang akhirnya mungkin terjadi pada tahun 2015," kata situs web tersebut. "Tapi dia tidak memiliki keterampilan teknis untuk melakukan tugas yang begitu rumit sendirian."

Keempatnya bertemu di sebuah kafe dan mulai merancang mobil terbang tersebut. Dukhovny menambahkan bahwa sertifikasi "memungkinkan kami bergerak lebih dekat untuk membawa orang ke perjalanan yang ramah lingkungan dan lebih cepat, menghemat waktu individu dan perusahaan setiap minggu. Ini adalah satu langkah kecil untuk pesawat, satu langkah besar untuk mobil."