Helo Indonesia

Berikut Ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Motor Listrik

Syahroni - Teknologi
Sabtu, 1 Juli 2023 22:54
    Bagikan  
Motor listrik,
Foto: tangkapan layar

Motor listrik, - Motor listrik mirip Vespa ini dilengkapi fitur mundur.

HELOINDONESIA.COM - Saat ini motor listrik menjadi semakin populer di seluruh dunia. Kendaraan ini digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau moda transportasi tanpa emisi gas buang sehingga membuatnya menjadi kendaraan yang ramah lingkungan.

Motor listrik adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan munculnya berbagai masalah pemanasan global dan semakin langkanya BBM, kini produsen kendaraan bermotor berlomba-lomba dalam membuat kendaraan hibrida, dan motor listrik termasuk salah satunya.

Sampai sekarang di Indonesia sudah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan tidak jauh dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.

Di Indonesia, industri motor listrik masih dalam tahap perkembangan dan belum sepopuler motor bertenaga bensin. Pemerintah Indonesia juga telah meluncurkan beberapa program untuk mendukung pengembangan industri motor listrik, seperti program e-mobility dan penciptaan kebijakan yang mendukung peningkatan penggunaan kendaraan listrik. Bahkan Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian juga telah meluncurkan program subsidi motor listrik pada 20 Maret 2023 lalu.

Baca juga: Pilih Sesuai Kebutuhan, Berikut Ini Beda Sepeda Listrik dan Motor Listrik yang Harus Anda Ketahui

Namun, masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk meningkatkan penetrasi motor listrik di Indonesia Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari sepeda motor yang berada di Indonesia yang harus diketahui oleh para calon pembeli.

Kelebihan sepeda motor listrik:

1. Lebih Ramah Lingkungan

Motor listrik mengandalkan baterai dan dinamo untuk menggerakkan roda, tanpa dibantu oleh mesin konvensional dalam bentuk apapun sehingga tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan polusi udara. Hal ini membuat sepeda motor listrik menjadi alat transportasi yang ramah lingkungan.

2. Tiak perlu menggunakan surat - surat kendaraan bermotor

Dari Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan menegaskan kendaraan ini tak memerlukan STNK. Disamping itu, Dinas Perhubungan menambahkan pernyataan juga tak diperlukannya BPKB. Dengan adanya pernyataan ini, para pengguna sepeda motor listrik tidak perlu repot - repot dalam mengurusi surat - surat kendaraannya.

3. Minim Perawatan

Salah satu kelebihan dari sepeda motor listrik adalah minimnya perawatan rutin yang diperlukan agar dapat dikendarai dengan baik. Dibandingkan dengan motor konvensional, motor listrik menggunakan komponen yang lebih sedikit. Dengan kata lain, semakin sedikit komponen maka semakin minim juga perawatannya dan secara tidak langsung dapat mengurangi biaya perawatan sepeda motor listrik tersebut. Pemilik motor listrik tidak perlu mengganti oli atau mengganti busi secara rutin dan pemilik motor listrik juga tidak perlu membersihkan filter oli atau filter udara.

Baca juga: Cara Konversi Mesin Bensin ke Listrik, Vespa Sprint 1968 ini Cuma Modal Rp 2.500 Bisa Pulang Pergi dari Rumah ke Kantor

4. Tidak Berisik

Sepeda motor listrik sangat minim mengeluarkan suara ketika dikendarai sehingga akan mengurangi polusi suara seperti yang terjadi di kota - kota besar.
Namun dari segi keselamatan, suara yang sangat minim ini masih menjadi perdebatan bagi para pengguna jalan lainnya, karena suara yang dikeluarkan dari kendaraan akan meningkatkan kesadara bagi pengguna jalan lain terhadap keberadaan sebuah sepeda motor.

5. Mudah Dikendarai

Bagi para pengguna motor konvensional jenis matic, tidak akan mengalami kesulitan dalam mengendarai sepeda motor listrik ini karena cara mengendarai bahkan desain bentuknya pun sama persis motor matic. Para pengguna sepeda motor listrik ini tidak perlu perlu memainkan kopling ataupun gigi, melainkan cukup fokus terhadap pada gas dan rem saja.

Kekurangan sepeda motor listrik :

1. Tempat Pengisian Baterai Masih Sedikit

Bagian paling penting dari sepeda motor listrik ini adalah baterai. Namun di Indonesia masih terkendala dengan kurangnya infrastruktur pengisian baterai yang memadai. Masih sedikit tempat - tempat yang menyediakan untuk melakukan pengisian ulang untuk baterai sepeda motor listrik sehingga membuat penggunanya kebingungan ketika akan berkendara jauh.

2. Durasi Isi Ulang Lama

Hal ini paling dikeluhkan oleh para pengguna sepeda motor listrik karena ketika akan mengisi ulang baterai harus memakan waktu sampai berjam - jam untuk mengisi daya listrik sampai penuh. Sebenarnya beberapa produk sepeda motor listrik menawarkan konsep battery swap atau tukar baterai. Namun konsep tukar baterai ini hanya tersedia di tempat - tempat tertentu yang sudah di tentukan.

Baca juga: Mau Beralih ke Mobil Listrik? Yuk Kenalan dengan Plug-In Hybrid Electric Vehicle

3. Takut Tidak Sampai Tujuan

Sepeda motor listrik hanya mengandalkan baterai untuk melaju. Hal ini membuat para pengguna sepeda motor listrik ragu bahkan merasa takut jika nanti didalam perjalanan baterai akan habis sehingga para pengguna sepeda motor listrik ini hanya melakukan perjalanan jarak dekat saja. Para pengguna sepeda motor listrik juga tidak tahu sisa daya listrik di baterai akan bisa menempuh seberapa jauh lagi untuk melakukan perjalanan.

4. Suku Cadang Masih Susah

Sepeda motor listrik baru seumur jagung di Indonesia sehingga belum banyak toko - toko yang menjual suku cadang sepeda motor listrik. Jika mengalami kerusakan tentu akan sulit untuk mendapatkan suku cadangnya.

Demikianlah ulasan untuk sepeda motor listrik serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga ulasan di atas bisa membantu para calon pengguna untuk memahami dan mempertimbangkan tentang sepeda motor listrik.

Dengan adanya subsidi motor listrk dari pemerintah Indonesia, motor listrik diprediksi akan mengalami pertambahan dan populasinya di jalan raya akan bertambah.

(Jumadi)