Helo Indonesia

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Aman dan Terjangkau

Ratu Mandiri - Ragam
Rabu, 19 Juni 2024 13:34
    Bagikan  
Freepik

-

HELOINDONESIA.COM - Memiliki rambut panjang jadi hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang, terutama para perempuan. Pasalnya, rambut yang panjang dapat membuat penampilan terkesan lebih feminim dan juga anggun. Akan tetapi, memanjangkan rambut sendiri ternyata nggak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan kesabaran dan perawatan yang ekstra, biar rambut bisa tumbuh secara alami dan sehat. Inilah mengapa, kamu harus menerapkan cara manjangin rambut dengan cepat, aman, dan terjangkau.

1. Jaga Kebersihan Kulit Kepala dan Rambut

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menerapkan cara manjangin rambut adalah rajin menjaga kebersihan kulit kepala dan batang rambut. Debu dan kotoran yang bertebaran secara bebas nyatanya dapat membuat kulit kepala dan rambut jadi lebih mudah kotor. Apabila dibiarkan saja tanpa dibersihkan, kulit kepalamu bisa terasa gatal, berketombe, hingga menyebabkan rambut berminyak dan lepek.

Rutinlah keramas menggunakan shampo rambut rontok dan berketombe sebagai cara manjangin rambut yang jitu. Cari produk yang bisa membersihkan dan menutrisi secara maksimal. Selain itu, perhatikan kandungan yang ada di dalam shampo tersebut. Sebisa mungkin cari shampo berkualitas yang telah dilengkapi dengan ekstrak bahan alami dan hindari penggunaan shampo yang memiliki bahan kimia berbahaya di dalamnya.

Selain itu, selalu ingat untuk keramas sewajarnya alias nggak terlalu sering agar minyak alami pada rambut tetap terjaga. Cukup keramas setiap 2-3 kali sehari, dengan membersihkan seluruh kulit kepala mulai dari bagian depan, belakang, tengah, serta sisi kiri dan kanan. 

2. Keringkan Rambut dengan Benar Sehabis Keramas

Sehabis keramas, jangan lupa untuk mengeringkan rambut dengan benar. Lakukan cara manjangin rambut ini dengan alami alias tanpa menggunakan alat pemanas seperti hair dryer. Kamu bisa menggunakan handuk microfiber untuk menghilangkan tetesan-tetesan air sehabis keramas. Keringkan rambut dengan cara diusap dari bagian atas sampai ke bawah. Setelah tetesan air sudah nggak ada lagi, biarkan rambutmu kering di suhu ruangan. Bila ingin cepat, cobalah untuk mengangin-anginkannya hingga kering. 

Cara manjangin rambut satu ini biasanya dilakukan untuk mencegah kekeringan pada rambut. Sebab, jika menggunakan hair dryer sendiri nyatanya bisa berpotensi bikin rambut kering dan kasar. Oleh karena itu, kalau ingin punya rambut panjang yang alami dan sehat, tips ini wajib banget untuk kamu coba.

3. Jaga Kelembapan Rambut

Cara manjangin rambut dengan cepat selanjutnya adalah dengan menjaga kelembapannya. Kelembapan yang pas dipercaya dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut panjang. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan kondisioner yang mampu memberikan dan sekaligus mengunci kelembapan pada rambut.

Untuk memilih produk kondisioner sebagai cara numbuhin rambut cepat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dulu. Pertama, pilihlah kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Jika memiliki rambut yang halus dan berminyak, cobalah untuk menggunakan kondisioner ringan namun masih tetap bisa menghidrasi rambut dengan cukup. Namun, jika rambut cenderung kering dan bahkan rusak, lebih baik pilih kondisioner dengan kemampuan melembapkan yang lebih intensif.

4. Gunakan Vitamin Rambut agar Lembut dan Halus

Memanfaatkan vitamin juga jadi salah satu cara manjangin rambut dengan cepat dan sehat. Ketahuilah bahwa vitamin rambut agar lembut dan halus memiliki beragam kebaikan yang pasti akan kamu butuhkan. Misalnya saja seperti biotin dan asam folat, yang dapat membantu merangsang folikel sehingga rambut panjang dan kuat akan bisa cepat tumbuh. 

Nutrisi lainnya seperti vitamin A, C, dan E juga mampu memberikan perlindungan yang maksimal terhadap paparan sinar matahari serta suhu panas yang berasal dari alat-alat hair styling. Lalu, ada ekstrak minyak alami juga di dalam vitamin rambut agar lembut dan halus. Dengan begitu, rambut bisa semakin sehat dan bebas masalah. Jika ingin punya rambut panjang yang indah tapi sehat, maka cara numbuhin rambut cepat ini wajib untuk diterapkan.

5. Kurangi Penggunaan Alat-Alat Styling

Penggunaan alat-alat styling rambut bisa memberikan dua hal di saat bersamaan. Pertama, penggunaannya bisa bikin rambut jadi lebih bergaya dan trendy. Namun, di sisi lain, pemakaian alat-alat pemanas yang terlalu sering ternyata dapat membuat rambut jadi gampang rusak dan kehilangan kelembapan serta kilau cantiknya. Inilah mengapa cara manjangin rambut dengan cepat tanpa harus merusaknya bisa dicoba dengan mengurangi penggunaan alat-alat styling dalam kehidupan sehari-hari.

Cobalah cara manjangin rambut alami yang satu ini selama beberapa bulan, dijamin rambutmu akan lebih sehat dan indah. Tetapi, bila harus memakai hair styling tools, maka gunakan pelindung panas dulu agar rambut tidak rontok dan rusak.

6. Pakai Minyak Alami

Cara manjangin rambut dengan cepat berikutnya bisa dilakukan dengan memakai minyak alami. Cara manjangin rambut alami sebenarnya sudah dilakukan oleh orang-orang di masa lalu. Dan menariknya, tradisi ini masih dipercaya dan dipertahankan bahkan hingga sekarang. 

Ya, minyak alami sendiri memiliki banyak khasiat yang bagus untuk rambut. Cara memanjangkan rambut dengan bahan alami bahkan dinilai cukup efektif dan minim akan efek samping. Nah, salah satu minyak alami yang dapat digunakan untuk kesehatan dan kecantikan rambut adalah minyak zaitun. Minyak alami ini bisa dimanfaatkan sebagai cara numbuhin rambut cepat, karena di dalamnya terdapat ragam senyawa aktif seperti omega 3, omega 6, omega 9, vitamin E, vitamin K, dan phenolic yang terkenal sangat efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut.  

Lalu, ada minyak kelapa yang berkhasiat memberikan kelembapan pada kulit kepala. Jika kamu memiliki masalah kulit kering hingga berketombe, maka minyak alami satu ini bakal jadi solusi tepat yang bisa diandalkan. Cara memakainya pun gampang, cukup oleskan minyak kelapa secukupnya ke permukaan kulit kepala. Setelah itu, pijat-pijat ringan dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih dan shampo.

7. Manfaatkan Lidah Buaya

Di dalam lidah buaya sendiri terdapat ragam kebaikan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat rambut panjang alami. Misalnya saja seperti senyawa enzim proteolitik yang bisa merangsang pertumbuhan rambut, protein alami yang dapat membuat rambut halus dan lembut, serta hingga ragam vitamin dan antioksidan yang ampuh memperbaiki kerusakan pada rambut. 

Manjangin rambut dengan lidah buaya juga mudah dan bisa diterapkan sendiri di rumah. Buat yang mau menerapkan cara pakai lidah buaya untuk rambut, kamu hanya perlu mengambil gel lidah buaya secukupnya. Kemudian, oleskan secara merata ke seluruh batang rambut dan kulit kepala. Pijat-pijat sebentar dengan perlahan dan diamkan selama 30 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan.

Akan tetapi, sebelum mencoba memanjangkan rambut dengan bahan alami seperti lidah buaya, sebaiknya kamu uji coba dulu gel tersebut ke permukaan kulit tangan. Ini bertujuan untuk mendeteksi ada atau nggaknya reaksi alergi terhadap kandungan di dalam aloe vera. 

8. Lengkapi Nutrisi dari Dalam Tubuh

Selain manjangin rambut dengan lidah buaya, memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh pun juga penting agar bisa memiliki rambut panjang cantik yang alami. Cara manjangin rambut alami ini bisa dilakukan dengan memilah-milih menu bersantap sehari-hari, terutama yang bergizi seimbang dan tentunya sehat. 

Agar rambut tidak rontok dan bisa tumbuh dengan indah, pilihlah makanan yang tinggi akan vitamin, mineral, dan antioksidan misalnya saja seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, jangan lupakan makanan yang kaya akan protein biar rambut bisa tumbuh kuat dan nggak mudah patah. 

Di sisi lain, hindarilah makanan yang berminyak atau berlemak, junk food, makanan instan, dan makanan dengan banyak gula atau garam. Pasalnya, semua makanan tersebut nggak bakal sehat buat tubuh dan bahkan bisa menyebabkan masalah bagi tubuh, termasuk pula pada rambut.

9. Hindari Stress Berlebihan

Cobalah untuk mengelola stress dengan bijak sebagai bagian dari cara manjangin rambut alami. Asal kamu tahu, stress yang berlebih itu nggak baik buat kesehatan tubuh. Bukan hanya bisa melemahkan sistem imunitas tubuh, stress pun juga mampu bikin rambut mudah rontok dan mengalami berbagai macam masalah lainnya. Inilah mengapa, agar rambut tidak rontok dan bisa tumbuh dengan cepat, penting banget untuk nggak terlalu sering stress berlebihan.

10. Lakukan Pijatan Ringan pada Kulit Kepala

Cara manjangin rambut alami selanjutnya adalah dengan memberikan pijatan ringan pada kulit kepala. Cara numbuhin rambut cepat seperti ini merupakan langkah efektif agar rambut tidak rontok, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. 

Menambahkan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jarak (castor oil) dapat memberikan manfaat tambahan, seperti nutrisi dan hidrasi untuk rambut. Untuk melakukan tips ini, kamu bisa memilih minyak alami yang ingin dipakai. Selanjutnya, oleskan ke kepala dan pijat-pijat secara lembut selama 10 menit. Setelah itu, barulah bersihkan rambut dan kulit kepala menggunakan shampo dan keringkan.