Helo Indonesia

Debat Capres Berlanjut, Ini Kata Resmen terhadap Aliza

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Selasa, 9 Januari 2024 16:28
    Bagikan  
Debat Capres Berlanjut, Ini Kata Resmen terhadap Aliza

Resmen Kadapi (Foto IG Resmen/Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Anggota Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Resmen Kadapi menanggapi pernyataan Aliza Gunado, juru bicara TKD 2 Prabowo-Gibran Lampung yang menyatakan bahwa yang paling tinggi mendapatkan simpati rakyat usai debat kedua disusul Anies dan Ganjar.

"Saya selaku Tim Hukum Ganjar Mahfud menyayangkan sekali pernyataan Aliza soal hasil survei Litbang Kompas atas sentimen publik setelah debat,' kata Resmen Kadapi yang menghubungi Helo Indonesia Lampung, Senin malam (8//1/2024).

Selain dia, rekannya juga menyoal yang sama atas pernyataan Aliza, yakni Santori Suttan Rajo Mudo. Menurut mereka, Aliza Gunado terlalu cepat menyimpulkan sehingga berbeda dengan hasil survei yang dipublikasi banyak media.

Baca juga: Muncul Aura Calon Permasuri Presiden Pakai Kudung Madu Aro

Justru, kata mereka, jajak pendapat Litbang Kompas menunjukkan performa calon presiden Ganjar Pranowo yang paling moncer setelah debat kedua capres yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Litbang Kompas melakukan jajak pendapat untuk merekam penilaian publik atas performa tiga capres pada debat kedua.  Salah satu aspek yang dilihat pada survei yang melibatkan 210 responden itu menjawab pertanyaan dengan lancar, menguasai permasalahan, dan penampilan di atas panggung.

“Memang yang dinilai perlu banyak koreksi, penampilan itu nilainya cukup ya, tetapi soal penguasaan permasalahan dan bagaimana cara Beliau menjawab pertanyaan itu dinilai relatif lebih rendah dibandingkan dengan calon-calon yang lain,” ujar peneliti Litbang Kompas Rangga Eka Sakti.

Baca juga: Kerahkan SAR dan Orang Pintar, Wali Kota Eva: Cari Balita Hanyut Sampai Ketemu

Adapun dalam aspek pertama, yaitu soal menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas, capres nomor urut 1, Anies Baswedan dan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo sama-sama mendapatkan skor 7,4. Sementara itu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapatkan angka 6,9.

Kedua, pada aspek menguasai permasalahan, Anies memperoleh angka 7,2 dan Ganjar 7,4. Adapun Prabowo dinilai publik dengan angka 6,9. Lalu, pada aspek ketiga yaitu penampilan kandidat di atas panggung, Anies memperoleh skor 7,9 dan Ganjar meraih skor 7,8. Kemudian Prabowo hanya mendapatkan angka 7,1.

Adapun survei berlangsung pada 7 Januari 2024 pukul 19.30-22.00 WIB. Responden yang diwawancarai dipilih secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk setiap provinsi.

Tingkat kepercayaannya 95 persen dengan margin of error kurang lebih 6,76 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Baca juga: Viral Konten Menangis di Tiktok Prabowo Kalah Debat, Netizen: Udah Kayak Film India, Dikit-dikit Mewek, Lebay!

Sebagai informasi, debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, geopolitik, dan politik luar negeri. 

Sebelumnya, Aliza bilang Capres 02 Prabowo Subianto berhasil meraih poling tertinggi dibandingkan dua capres lainnya usai debat kedua, Minggu malam (7/1/2023), yakni 30 persen. Setelah itu, Anis Baswedan di anga 37 persen dan Ganjar Pranowo 12 persen. Sisanya netral 2 persen.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Lampung Aliza Gunado usai nonton bareng (nobar) dengan Tim Aliansi Advokat Indonesia Bersatu (AAIB) di Jl. Gatot Subroto, Sekretariat TKD setempat.

Aliza mengatakan, dari survei langsung yang digelar oleh Kompas, Prabowo Subianto terbukti paling disukai dengan angka 39 persen, disusul Anies Baswedan 37 persen, Ganjar Pranowo 12 persen, dan netral 12 persen. 

"Rakyat Indonesia sudah pintar dan cerdas, jika mereka melihat secara teliti debat kali ini, maka pasti elektabilitas Prabowo akan naik," pungkasnya

Sehingga, kata kader Partai Golkar yang awet muda ini, kedua capres berusaha mendongkrak elektabilitasnya pada debat capres kedua ini dengan mengevaluasi ataupun mengkritik Prabowo Subianto selama menjabat Menteri Pertahanan.

Ratusan relawan dan pendukung Capres 02 Prabowo-Gibran memadati Sekretariat TKD Prabowo-Gibran Lampung dengan riang gembira. Hadir pula Ketua Dewan Pengarah TKD Prabowo-Gibran Lampung Rahmat Mirzani Djausal yang juga ketua DPD Gerindra Lampung. (Hajim)