Helo Indonesia

Peduli Kemanusiaan, 78 Orang Ikuti Donor Darah di Masjid Jami Al Qodar Sendangmulyo

Sabtu, 23 Maret 2024 07:48
    Bagikan  
Peduli Kemanusiaan, 78 Orang Ikuti Donor Darah di Masjid Jami Al Qodar Sendangmulyo

Acara donor darah yang digelar Masjid Jami Al Qodar Sendangmulyo

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Masjid Jami Al Qodar Sendangmulyo menggelar Kegiatan Ramadan Peduli Kemanusiaan dengan mengadakan donor darah pada Jumat 22 Maret 2024 pukul 20.00 di TK dan TPQ Plus Al Qodar, Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Kegiatan diikuti 78 orang itu dihadiri antara lain pengurus DMI Kota Semarang, tim media PMI, pengurus DMI Sendangmulyo, pengurus LPMK, takmir dan pengurus yayasan Masjid Al Qodar.

Menurut Pengurus Yayasan Masjid Jami Al Qodar, H Isdiyanto, donor darah ini memiliki tujuan untuk membantu menyediakan pasokan darah yang aman dan cukup untuk kebutuhan medis.

Baca juga: Buka Bersama Mahasiswa Magister Hukum USM Terasa Istimewa, Prof Dharto: Sarana Jalin Keakraban

Darah yang didonasikan dapat dibagi menjadi komponen-komponen seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit darah, yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis.

''Donor darah merupakan kegiatan yang baik serta menyehatkan. Selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Manfaat yang pertama dari kegiatan donor darah adalah dapat munurunkan risiko kanker,'' katanya.

Dia mengatakan, pihaknya berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada warga yang telah menyumbangkan darahnya untuk kemanusian.

Kegiatan diikuti 78 orang itu dihadiri antara lain Ketua DMI Kota Semarang, KH Ahmad Fuad dan Sekretaris KH Abdul Ghofar dan Ketua DMI Ranting Sendangmulyo, KH Sugiyono Achmad SAg. 

Selanjutnya tim medis PMI, Ketua Dewan Pengawas Yayasan Masjid Al Qodar Dr H Teguh Hadi Prayitno MHum, Ketua Pengurus Yayasan Masjid Al Qodar Isdiyanto, takmir Masjid Al Qodar dan pengurus LPMK.

Ketua DMI Kota Semarang, Ahmad Fuad, merespons positif gerak cepat Masjid Al Qodar dalam menyelenggarakan donor darah, setelah diminta bantuan oleh DMI Kota Semarang, hanya dalam tempo 5 hari sudah langsung merealisasi.

DMI Kota Semarang menghubungi masjid-masjid untuk membuka donor darah, setelah mendapat keluhan dari PMI Semarang yang akhir-akhir ini mengalami kekurangan stok darah, seiring meningkatnya kasus DB di Kota Semarang, membutuhkan darah dalam jumlah besar.

Masjid Al Qodar yang mengawali gerakan donor darah untuk membantu PMI Kota Semarang dan diharapkan masjid-masjid lain di Kota Semarang melakukan gerakan yang sama untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Semarang.

(Aji)