Helo Indonesia

Ini Tiga Fokus Utama FIFA Lakukan Inspeksi Stadion Piala Dunia U-17

Drajat Kurniawan - Olahraga
Minggu, 30 Juli 2023 07:16
    Bagikan  
Stadion JIS
Foto : Tangkapan Layar

Stadion JIS - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - FIFA melakukan pengecekan atau inspeksi kesiapan stadion-stadion di Indonesia termasuk Stadion JIS. Inspeksi dilakukan lantaran akan menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-17.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengungkapkan ada tiga aspek penting yang menjadi perhatian FIFA dalam melakukan pengecekan kesiapan stadion-stadion untuk pertandingan Piala Dunia U-17.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha menyatakan, bahwa tiga poin utama yang diperhatikan oleh FIFA adalah kesiapan stadion, manajemen lapangan, dan layanan untuk tim.

"Pertama-tama, terkait kesiapan venue, termasuk stadion utama dan lapangan-lapangan latihan," kata dia dalam keterangan resmi yang diterbitkan dikutip Minggu (29/7/2023).

Baca juga: Sebanyak 839 Warga Baru Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Mesuji di Sahkan

Salah satu stadion yang menjadi perhatian FIFA yaitu stadion JIS. FIFA merekomendfasikan untuk mengganti rumput stadion JIS dan sistem pemulihannya lebih cepat mengingat tingginya intensitas turnamen ini.

"Sesuai surat disampaikan bahwa pemulihan dan perbaikan rumput stadion memerlukan waktu delapan hingga sepuluh pekan," ujarnya.

Menurut dia, hal itu merupakan inisiatif yang sangat positif dari FIFA untuk membantu Indonesia mempersiapkan JIS agar bisa menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17.

"Poin ketiga yang menjadi perhatian FIFA adalah layanan untuk tim, termasuk akomodasi bagi para peserta," terangnya.

Baca juga: Kursi Ketua Umum Golkar Jadi Incaran, Airlangga Pasang Badan, Luhut Bermanuver

FIFA melakukan inspeksi Stadion dan kegiatan ini sepenuhnya tertutup untuk awak media. Pengecekan dilakukan FIFA pada sejumlah stadion, diantaranya, Jakarta International Stadium (JIS), Lapangan ABC komplek Stasdion Gelora Bung Karno, Stadion Madya, Lapangan Hoki komplek Stadion Gelora Bung Karno, dan Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta. 

Kemudian, FIFA akan melanjutkan inspeksi ke Bandung, kemudian pada hari Senin dijadwalkan ke Surabaya, Selasa dijadwalkan ke Surakarta. Inspeksi dilakukan untuk mengecek stadion-stadion lain yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17.