Helo Indonesia

Kursi Ketua Umum Golkar Jadi Incaran, Airlangga Pasang Badan, Luhut Bermanuver

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Minggu, 30 Juli 2023 06:08
    Bagikan  
Para Ketum Parpol di KIB
tangkapan layar

Para Ketum Parpol di KIB - Para Ketum Parpol di KIB, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Muhamad Mardiono memberi keteranagn usai pertemuan.

HELOINDONESIA.COM - Wacana Munaslub untuk mengganti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto terus beredar dalam beberapa waktu terakhir. Sejumlah nama mencuat untuk memimpin Partai Golkar. Diantaranya Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), Bahlil Lahadalia, dan Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan, menilai, peta pergantian kursi Ketua Umum Partai Golkar masih sangat dinamis karen Airlangga Hartarto tidak tinggal diam menyikapi dorongan Munaslub.

"Saya kira karena wacana Munaslub juga tidak mudah karena mendapat perlawanan dari kubu Airlangga,” ujar Yusak saat dihubungi, Minggu (30/7).

Dia juga menyinggung soal langkah dari ketiga calon tersebut yang berpeluang menggantikan Airlangga Hartarto.

Baca juga: Indonesia Satu-satunya Negara di Dunia Rebut Kemerdekaan Usir Penjajah, Malaysia, India, Brunei dll Hasil Hadiah

Dekan FISIP Universitas Sutoimo menilai, salah satunya yaitu Luhut Binsar Pandjaitan yang terus melakukan manuver. Luhur Binsar Pandjaitan juga menggalang dukungan.

"Dari nama yang beredar ada tiga (calon Ketum Golkar). Dari ketiga calon tersebut, sejauh ini Pak Luhut termasuk yang paling kencang bermanuver dan intens menggalang dukungan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, isu Munaslub sebelumnya digaungkan Dewan Pakar Golkar yang disambut sejumlah elit dan komponen partai berlogo beringin itu.