Helo Indonesia

Dilepas Gratis Chelsea, Aubameyang Berlabuh ke Klub Papan Atas Liga Prancis

Drajat Kurniawan - Olahraga
Jumat, 21 Juli 2023 08:04
    Bagikan  
Eks Striker Chelsea Pierre Emerick Aubameyang
Foto : Ist

Eks Striker Chelsea Pierre Emerick Aubameyang - (ist)

HELOINDONESIA.COM - Striker Pierre Emerick Aubameyang resmi bergabung di klub Liga Prancis Olympique Marseille. Mantan penyerang Arsenal tersebut menandatangani kontrak selama tiga tahun hingga 2026.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pakar transfer kenamaan Fabrizio Romano melalui akun Twitter-nya dilansir hari ini, Kamis 20 Juli 2023.

"Pierre Aubameyang sepakat untuk bergabung dengan Olympique Marseille, here we go!. Akan menandatangani kontrak tiga tahun, seperti yang disebut dua hari lalu, hingga Juni 2026,” cuit Romano.

Romano mengungkapkan Olimpique Marseille mendapatkan Aubameyang secara gratis dari Chelsea. Eks pemain Borussia Dortmund, Arsenal, dan Barcelona itu akan tiba di camp Marseille untuk menjalani tes medis. "Chelsea akan melepasnya secara gratis,” imbuh Romano.

Baca juga: Berbagi Ilmu Busana kepada Siswa SMK Ibu Kartini, Samuel Wattimena: Jangan Pilih Kain Dipadankan dengan Warna Kulit Tangan

Auba tidak menunjukam performa apik kala membela The Blues pada musim 2022/2023. Ia hanya tampil 21 kali dengan mencetak tiga gol dan satu assist.

Pindah ke Liga Prancis, striker tim nasional Gabon itu seperti betnostalgia. Karena Auba sendiri pernah membela Dijon, LOSC Lille, AS Monaco, dan AS Saint-Etienne.  

Auba sendiri dikenal sebagai pesepakbola yang sudah bermain di banyak klub. Sebelum bergabung dengan Olimpique Marseille, total sembilan tim yang sudah dijajaki Auba. Yaitu AC Milan, Dijon, LOsdC Lille, Monaco, Saint-Etienne, Borussia Dortmund, Arsenal, Barcelona, dan Chelsea.

Baca juga: Tenis Lapangan Putri Tambah Emas, Kontingen Jateng Kokoh Puncaki Klasemen Pornas Korpri

Namun pesepak bola 34 tahun itu memiliki karir moncer saat bermain dengan enpat tim yaitu Saint-Etienne, Dortmund, Barcelona, dan Arsenal.

Auba tampil 97 kali saat bersama Saint-Etienne selama 2,5 musim dengan menorehkan 41 gol dan 25 assists serta memenangkan satu trofi yaitu French League Cup Winner 2012/2013. 

Auba langsung dilirim banyak klub setelah memperlihatkan penampilan mengkilat tersebut. Salash satunta raksasa Liga Jerman Dortmund yang mendatangkannya pada Juli 2013. 

Selama 4,5 musim Auba berhasil mengantar Die Borussen meraih tiga gelar juara yaitu DFB Pokal (2016/2017) dan DFL Supercup (2013/2014, 2014/2015). Bersama klub yang bermarkas di Signal Iduna Park itu, striker bertinggi 1,86 meter tersebut mendulang 141 gol dan 36 assists dari 213 penampilan di seluruh kompetisi. 

Baca juga: PSIS Semarang Bawa 22 Pemain ke Kandang PSS, Pelatih Sebut Skuadnya Incar Kemenangan

Kemudian saat membela Arsenal, Auba juga mampu menjadi striker subur dengan torehan 92 gol dan 21 assists dari 163 penampilannya di seluruh kompetisi dan turut membawa timnya memenangkan dua gelar yaitu FA Cup 2019/2020 dan Community Shield 2020. 

Pesepak bola kelahiran 18 Juni 1989 itu kemudian membela Barcelona pada Januari 2022. Bermain hanya setengah musim berseragam El Barca, Auba masih menjadi striker haus gol dengan 13 gol dan satu assist dari 24 penampilanmya di seluruh kompetisi.