Helo Indonesia

Menko Luhut Ajak Anggota Banggar DPR Ikut Uji Coba Kecepatan 300 Km/Jam Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Winoto Anung - Nasional
Sabtu, 10 Juni 2023 13:45
    Bagikan  
Luhut Binsar Pandjaitan
tangkapan layar

Luhut Binsar Pandjaitan - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat di Banggar DPR. (Foto: tangkapan layar)

HELOINDONESIA.COM - Untuk meyakinkan Proyek Kereta Cepat-Jakarta Bandung bisa operasional pada Agustus 2023,  Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Pimpinan dan Anggota Banggar DPR untuk turut serta uji coba kecepatan 300 km/jam pada 14 juni ini.

“Bapak Ibu sekalian, saya izin melaporkan juga mengenai Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, Jadi karena di bawah koordinasi saya ini tanggal 14 bulan ini kami akan 300 km/jam, saya ulangi kami akan mulai trial 300 km/jam,” kata Luhut Binsar, Jumat 9 Juni.

Menko Luhut mengajak pimpinan dan para anggota Banggar DPR untuk ikut uji coba tersebut, karena dia sendiri juga akan ikut merasakan kecepatan tinggi tersebut.

“Jadi nanti kalau Yang Mulia Bapak-Bapak sekalian mau ikut karena saya juga nanti akan coba nanti ya 300 km nya apakah mungkin tanggal 15 tanggal 16 itu saya persilahkan," papar Luhut.

Baca juga: PSI Ajukan Kaesang ke Pilwalkot Depok, Netizen: Gak Punya Kursi DPRD Kok Daftar, Jangan Bikin Kadrun Tertawa Ah

Uji coba kecepatan 300 km/jam ini merupakan bagian dari tahap terakhir persiapan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung, menuju operasio komersial 18 Agustus 2023.

"Mungkin Pak Ketua mau hadir sama-sama saya kita coba dengan 300 KM. Jadi hampir semua selesai kita akan lihat nanti kereta api cepat ini kita siapkan bulan Agustus untuk rakyat sekitar yang tinggal di rel kereta api. Jadi mereka akan kita sampaikan gratis sambil mencoba ini  dan itu akan kita capai 350 km/jam,” kata Luhut Binsar.

Pada kesempatan itu, Ketua Banggar Said Abdullah mengatan menyampaikan apresiasi terhadap Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan atas progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di bawah komandonya,  yang kini akan mencapai trial 300 km/jam pada pertengahan Juni 2023 ini. 

Menurut Said Abdullah, progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung itu dinilai oleh Banggar DPR RI telah menggunakan komponen produksi lokal yang menjadi kebanggaan nasional.

Baca juga: Stadion Manahan Solo Jadi Venue Kualifikasi Piala Asia U-23, Polda Jateng Jamin Keamanan Penyelenggaraan

“Dan kita mengapresiasi Kereta Cepat Jakarta Bandung. Karena memang konsen kami adalah terhadap utamanya ada dua hal, yang pertama memang kereta cepat karena PNM lewat kami dua kali dan itu menjadi konsen kami di Banggar DPR. Dan terima kasih sudah ada kemajuan yang luar biasa,” ujar Said Abdullah, Ketua Banggar DPR.

“Lebih-lebih tadi disampaikan bahwa itu semua adalah komponen lokal sehingga nilai tambahnya luar biasa bagi kita semua dan bulan Juni Insya Allah kita akan menyaksikan peresmian kereta cepat nanti,” ujar Said, poliitisi PDIP asal Madura itu. (*)

(Winoto Anung)