Helo Indonesia

Rekomendasi Takjil Enak Untuk Buka Puasa

Ratu Mandiri - Ragam -> Makanan
Sabtu, 16 Maret 2024 14:30
    Bagikan  
Takjil

Takjil -

HELOINDONESIA.COM - Biasanya banyak orang mulai mempersiapkan takjil buka puasa, yang akan disajikan setiap harinya. Seperti namanya takjil dalam bahasa Arab berarti menyegerakan berbuka puasa. Nah ketika berbuka puasa Ramadhan, kita disunahkan untuk berbuka dengan yang manis.

Salah satu takjil berbuka puasa ini nggak hanya makanan berat saja, namun juga bisa minuman yang menyegarkan. Sajian takjil yang paling favorit yakni kolak yang memiliki rasa manis.

1. Es Buah

12 Resep Es Buah yang Mudah dan Enak - Official Astronauts Blog
Es buah adalah salah satu top of mind bagi para pemburu takjil. Cita rasanya yang manis dan segar tentunya sangat cocok untuk meredakan dahaga setelah seharian berpuasa.

2. Kolak

6 Cara Membuat Kolak Pisang yang Enak dan Sehat untuk Berbuka Puasa |  Sayurbox
Kolak merupakan hidangan manis yang terbuat dari campuran santan dan gula merah, biasanya kolak disajikan dalam keadaan hangat. Kolak memiliki banyak macam isian, diantaranya: kolak mutiara, pisang, biji salak, singkong , kolang-kaling, ubi, pacar cina, dsb.

3. Bubur

5 Resep Bubur Sumsum yang Lembut dan Mudah Dibuat
Bubur yang dimaksud sebagai takjil di sini adalah bubur yang manis. Seperti bubur kacang, bubur candil/biji salak, bubur sumsum, dan lainnya.

4. Gorengan

13 Gorengan Khas Indonesia, Ada yang Terkenal di Mancanegara - Travel  Tempo.co
Takjil tak selalu harus dengan hidangan manis, makanan asin juga bisa dijadikan menu berbuka. Gorengan bisa dijadikan takjil karena tidak semua orang suka makanan manis, jadi ini bisa menjadi alternatif bagi Detikers yang lebih suka makanan asin.

Gorengan yang dijual biasanya berupa tahu isi, ote-ote, pisang goreng, perkedel jagung, lumpia, hingga lontong, dan masih banyak lagi.

5. Salad/Rujak Buah

Rujak Buah Bumbu Honje Recipe, Local-Taste Salad With Tropical Vibe -  Kitchenesia
Salad buah dan rujak buah merupakan pilihan yang tepat untuk Detikers yang lebih suka membatalkan puasa dengan makanan yang tidak terlalu berat. Cita rasa pedas dari buah tentunya dapat meningkatkan selera makan.

Sedangkan rasa manis asam yang dihasilkan salad buah tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pembuka untuk membatalkan puasa.