Helo Indonesia

Kedua Kalinya, Wali Kota Eva Dwiana Dibohongi Angels Wing

Herman Batin Mangku - Nasional -> Hukum & Kriminal
Selasa, 19 Desember 2023 17:54
    Bagikan  
helo Indonesia Lampung
HELO INDONESIA LAMPUNG

helo Indonesia Lampung - Dari RDP Komisi I DPRD Balam, Angels Wing kembali bohongi Wali Kota Eva Dwiana (Foto Hajim/Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Kedua kalinya, Kafe dan Restoran Angels Wing diduga membohongi Wali Kota Bandarlampung (Balam) Eva Dwiana. Mereka diijinkan kembali buka setelah berjanji tak menjual minuman alkohol dan patuh pada jam buka lima bulan lalu, Kamis (27/7/2023). Ancaman jika mengulangi lagi, tutup permanen.

Sebelumnya, Sabtu (4/2/2023), Wali Kota Eva Dwiana yang langsung menyegel Angels Wing yang berlokasi di Kelurahan Enggal. Alasan disegel, Eva mengatakan malam itu,"Kita merasa dibohongi ya kalau (Angels Wing) sudah (menjual) minuman keras."

Terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPRD Bandarlampung (Balam), Selasa (19/12/2023), Angels Wing masih menjual minuman beralkohol dengan kamuflase dimasukan ke dalam tumbler. Selain itu, terungkap pula, Angels Wing pernah buka pukul 03.00 WIB.

RDP tersebut dihadiri juga Dinas Penanaman Modal Perizinan Satu Pintu, Pol PP, Bagian Hukum, Camat, Lurah dan Management Angels Wing, dan warga yang rumahnya berdekatan dengan cafe dan restoran tersebut.

Baca juga: Bawaslu Pesawaran Temukan Dugaan Pidana Pemilu


Anggota Komisi I Hanafi Pulung mengatakan sempat mengunjungi Angels Wing dan menemukan fakta adanya penjualan minuman keras serta musik disk jocky. Bahkan, dirinya sempat ditawari waiters minuman beralkohol pakai tumbler.

“Kaget juga, karena setahu saya Anggels Wing bisa buka kembali dengan beberapa kesepakatan diantaranya tidak menjual miras dan musik yang tidak terlalu keras," ujarnya pada RDP yang dipimpin Ketua Komisi I Sidik Fendi.

Plt Camat Enggal Andi mengatakan Angels Wing telah melanggar empat dari sembilan perjanjian yang telah disepakati sehingga dicabut segelnya oleh Pemkot Bandarlampung.

Keempat pelanggaran adalah:
1. Jam tayang atau jam operasional,
2. Tak menjual minuman keras beralkohol tinggi.
3. Musik tak pakai DJ dan bising.
"Warga yang melaporkan terganggu suara musik Angels Wing jelang tengah malam," kata Andi.

Kabid Permodalan Dinas PTSP Muntahar menjelaskan, 24 November 2023, ada surat pengaduan dari warga sekitar Angels Wing berisiknya suara musik hingga tengah malam sehingga mengganggu istirahat keluarganya.

Baca juga: Ricuh, Musda LPM Kota Bandarlampung


”Bising banget Pak, saya dan keluarga serta warga lain sangat terganggu, musiknya keras betul tidak bisa istrahat, makanya kami minta kepada Pemkot dan DPRD AW ini ditutup saja, karena mengganggu kenyamanan warga,’ ujar warga.

Pada 28 November, pihaknya beserta stackholder rapat dan hasil berita acara menegur pihak Angels Wing. Cafe dsn restoran itu melanggar kesepakatan sesuai dengan 9 poin kesepakatan yang di tandatangani pada 5 Juli 2023.

Melisa dari Bagian Hukum Pemkot Bandarlampung menilai ada kesepakatan yang dilanggar oleh pihak Angels Wing. "Kami kembalikan ke bagian perizinan karena melakukan pelanggaran lagi akan ditutup," katanya.

Kasat Pol PP kota Bandarlampung Ahmad Nur Rizky mempertegas adanya sembilan kesepakatan Angels Wing agar bisa buka kembali. “Ketika ada pelanggan kesepakatan maka harus ada teguran keras ke management, ketika ada salah satu perjanjian dilanggar maka akan di tidak,"tegas Kasat Pol pp

Baca juga: Kejaksaan Agung Periksa 1 Orang Saksi Terkait Kasus Impor Gula


Sementara, pihak managemen Anges Wing diwakili penasehat hukum (PH) Syeeh Hud Ismail memohon maaf dan meminta petunjuk dan arahan dari stackholder terkait pelanggaran yang dilakukan Angels Wing.

"Malu, kami hadir di sini, makanya kami mengharapkan pertemuan ini memunculkan kemufakatan," ujarnya. Dia mengatakan jika tak ada RDP ini tak tahu kesalahannya. "Kami mohon maaf bagi warga yang merasa terganggu dan siap menjalankan SP-1 dari Pemkot Bandarlampung," ujarnya.

Dia memohon izinkan kembali dirinya dan kawan Anggels Wing mencoba usaha memperbaiki diri. "Insya Allah, kami upaya untuk memperbaiki kesalahan kami,” ujarnya. (Hajim)

 -