Wisata Alam Posong, Manjakan Panca Indera dari Lembah Sindoro

Kamis, 18 Juli 2024 12:23
Wisatawan saat menikmati kopi berkawan panorama gunung, dan suasana damai yang ditawarkan Posong. Foto: Ist/IG tamanwisata_posong

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Kabupaten Temanggung tak hanya termahsyur sebagai daerah produsen tembakau terbesar di Tawa Tengah. Namun Temanggung juga menyimpan destinasi wisata alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satu destinasi wisata alam yang sedang ramai dan instagramable adalah Wisata Alam Posong. Wisata alam ini merupakan salah satu destinasi yang berlokasi di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung atau berjarak sekitar 3,5 KM dari jalan raya Temanggung-Wonosobo.

Baca juga: Jangan Lewatkan! Adu Keindahan dalam Festival Layang-layang Purworejo 2024 di Pantai Ketawang

Tempat wisata Temanggung ini berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl, sehingga memiliki udara yang sejuk. Dari lembah Sindoro wisatawan dapat menyaksikan keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang menjulang.

Memandang alam sekitar dari lembah Posong, wisatawan akan terbawa dalam suasana yang teduh, damai, dan bahagia ditambah kesejukan. Belum lagi di sini tersedia aneka kopi dengan cita rasa tinggi. Tak berlebihan kiranya, salah satu wisata unggulan di Jawa Tengah ini akan memanjakan panca indera wisatawan yang berkunjung.

Berjarak 90 km dari Kota Semarang atau 60 km dari Kabupaten Kendal, objek wisata ini terletak di lereng Gunung Sindoro. Sehingga memiliki udara yang sejuk dan nyaman untuk disinggahi, sangat cocok bagi Anda pecinta alam.

Baca juga: Desa Wisata Wanurejo Magelang, Ajak Wisatawan Kenali Warisan Nenek Moyang dan Rengginang

Untuk menunju wisata ini, Anda harus melewati jalan bebatuan kurang lebih 2 km dari jalan raya. Treknya cukup menantang bebatuan dan jalan menanjak serta belok tajam. Setelah sampai di loket tiket masuk 10 ribu per orang dan parkir Rp 2 ribu.


Wisatawan tak perlu risau jika mengendarai mobil dan tidak berani ke atas terdapat juga ojek yang khusus di sediakan untuk wisatawan Posong. Wisata alam Posong buka tiap hari mulai pukul 07.00 sampai 18.00.

Instagramable

Sebagai destinasi wisata, wisata alam Posong menawarkan suguhan keindahan momen matahari terbit atau sunrise dan sunset yang menakjubkan. Anda dapat menikmati keindahan sunrise secara langsung di spot Instagramble yang ada di Temanggung ini.

Salah satu wisatawan, Arief dari Kendal mengakui, wisata Posong akan memberi kenangan tersendiri, khususnya mereka yang masih muda-mudi.

Baca juga: Seluncuran Gratis di BKB Menarik Perhatian Wali Kota Semarang

''Saya senang, karena di sini juga tersedia beragam fasilitas lengkap seperti spot selfie yang instagenik, panorama hamparan kebun kopi dan tembakau, penyewaan tenda perkemahan, hingga penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam,'' ujar karyawan di salah satu koran ternama di Semarang itu.

Menurut dia, pengunjung juga menikmati panorama keindahan sunrise di Wisata Alam Posong dengan tenang. Tapi yang perlu diingat menjaga kelestarian alam sekitar, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selamat berwisata!
(Aji)

Berita Terkini