Helo Indonesia

Jangan Lewatkan! Adu Keindahan dalam Festival Layang-layang Purworejo 2024 di Pantai Ketawang

Sabtu, 13 Juli 2024 10:36
    Bagikan  
Jangan Lewatkan! Adu Keindahan dalam Festival Layang-layang Purworejo 2024 di Pantai Ketawang

Keindahan layang-layang yang terbang di atas Pantai Ketawang Purworejo saat Festival Layang-layang. Keramaian pengunjung saat menyaksikan event ini. Foto: IG/dok dinporapar pwj

PURWOREJO, HELOINDONESIA.COM - Sebuah festival layang-layang karya anak bangsa yang bertaraf internasional akan kembali hadir di Pantai Ketawang, Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu 10-11 Agustus 2024 mendatang.

Event dari Dinporapar Kabupaten Purworejo yang bertajuk ''Festival Layang-Layang Purworejo 2024'' ini akan melombakan empat kategori, yaitu Layang-Layang Tradisional, 2 Dimensi, 3 Dimensi dan Train Naga. Yang bikin keren, pelayang dari sejumlah negara seperti Jepang dan Malaysia bakal ikutan lho.

Baca juga: Tradisi 1 Sura di Pura Mangkunegaran Solo: Usai Pusaka Dijamas, Warga pun Menadah Berkah dari Udik-udik

Kabid Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Dinporapar Purworejo, Agung Pranoto menjelaskan, event ini bertujuan untuk memajukan potensi industri kepariwisataan, sekaligus turut memberdayakan masyarakat di sektor ekonomi.

Festival ini, kata dia, akan mengajak wisatawan menikmati musim angin sembari menyaksikan pesona keindahan layang-layang di atas langit pantai Ketawang.

''Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menciptakan daya ungkit kunjungan wisatawan sekaligus tinggal lebih lama atau di Kabupaten Purworejo,'' kata Agung saat dihubungi HeloIndonesia.com, Jumat 12 Juli 2024.

purworejo2

Menurut dia, agenda ini telah memasuki penyelenggaraan yang ke-9 kali. Tercatat ada 106 peserta yang akan beradu ketangkasan menaikkan layang-layang dan menunjukkan keindahanya terbang di atas langit pantai Ketawang. Mereka berasal dari komunitas pelayang dari lokal, berbagai kota di Tanah Air, bahkan mancanegara.

Baca juga: Pekalongan Food Fest 2024: Lezatnya Pesona Kuliner Pantura Manjakan Lidah

Dipilihnya Ketawang, karena selain luas, punya embusan angin yang besar, juga berdekatan dengan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Harapannya, memudahkan wisatawan domestik dan asing untuk menjangkau Purworejo.

''Namun yang pasti, Pantai Ketawang dipilih menjadi lokasi untuk kegiatan festival layang-layang tahun 2024 karena yang paling utama ini terkait dengan standar keamanan dan dekat bandara YIA,'' tandasnya.

Wisatawan Meningkat

Agung tak menampik, kehadiran festival layang-layang ini menumbuhkan tingkat kedatangan wisatawan ke Purworejo. Berdasarkan data di Dinporapar, tahun 2023 lalu ada 15.000 wisatawan yang singgah menikmati liburan dua hari di Pantai Tawang saat festival layang-layang berlangsung.

Selain itu, festival layang-layang juga memberikan multiplier effect atau dampak ikutan dengan menggerakkan sektor ekonomi, khususnya menggeliatnya UMKM dan tingginya okupansi penginapan.

Baca juga: Tradisi Dhukutan di Tawangmangu, Wujud Syukur Atas Keberkahan dan Penghormatan pada Leluhur

Festival layang-layang adalah salah satu calender of event Purworejo, yang juga event wisata Jawa Tengah. Event unggulan lainnya, adalah Gendhing Setu Legi, Jamasan Pusaka oleh Museum Tosan Aji, dan Tribute To WR Soepratman.

''Tahun lalu, total wisatawan nusantara ke Purworejo ada 636.283 orang, dan 101 turis asing. Harapannya festival layang-layang tahun ini bisa memberikan dampak signifikan bagi kunjungan wisatawan,'' pungkas Agung. (Aji)