Helo Indonesia

Dipakai di Berbagai Masakan Khas Nusantara, Berikut Khasiat Rebung untuk Kesehatan Anda

Syahroni - Ragam
Jumat, 4 Agustus 2023 20:06
    Bagikan  
Rebung
pixabay

Rebung - Manfaat kesehatan rebung untuk tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Rebung atau tunas bambu muda yang sudah sejak lama digunakan sebagai bahan masakan di wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Di Tanah Air, rebung banyak digunakan dalam berbagai olahan makanan mulai dari sayur lodeh, gulai, hingga sebagai bahan isian lumpia khas Semarang.

Rebung kerap dimasukan dalam salah satu jenis sayuran. rabung awalnya dikenal di Tiongkok lebih dari 2.500 tahun lalu. Sayuran ini banyak diminati tidak hanya karena rasanya yang lezat, namun juga karena memiliki nutrisinya yang tinggi.

Beikut manfaat mengonsumsi rebung berdasarkan penelitian terkini yang kami himpun dari berbagai sumber.

Baca juga: 8 Sayuran Hijau yang Baik untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

1. Menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rebung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Misalnya, satu penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa serat yang diekstraksi dari sayuran ini memiliki khasiat penurun kolesterol yang kuat.

Ini mungkin terjadi karena serat larut yang ditemukan dalam rebung. Serat larut menyerap air di usus dan dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Rebung adalah sumber serat yang bagus. Serat dapat meningkatkan keteraturan dan bahkan dapat melindungi dari masalah seperti wasir, divertikulitis, dan kanker kolorektal.

Baca juga: Dengan Sayur dan Buah Berwarna Pekat, Atlet Memiliki Penglihatan yang Lebih Tajam

Menurut penelitian tabung reaksi, rebung juga bertindak sebagai prebiotik, artinya menyediakan bahan bakar untuk bakteri menguntungkan di usus Anda.

3. Membantu menurunkan berat badan

Rebung rendah kalori tetapi tinggi serat, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan yang sehat. Serat dapat membantu memperlambat pengosongan perut untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Khasiat kesehatan yang bisa diperoleh dari rebung yakni tekanan darah lebih terkontrol. Hal ini berkat kandungan kalium di dalamnya.

Makanan yang kaya akan kalium, minimal 400 mg, dapat membantu mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang terkontrol tentu akan mengurangi risiko penyakit jantung serta pembuluh darah.

Kandungan mineral lain yang berasal dari rebung seperti magnesium, niacin, serta asam pantotenat juga punya manfaat untuk melindungi kesehatan jantung Anda.

Baca juga: Beragam Jenis Tanaman dan Sayuran Dipercaya Bermanfaat Anti Kanker, Ternyata Juaranya Jengkol dan Petai

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi rebung adalah meningkatnya sistem imun tubuh. Ini berkat kandungan antioksidan, protein, serta serat yang tinggi.

Salah satu kandungan di dalam rebung, yaitu fenol, merupakan antioksidan yang dapat mencegah peradangan serta infeksi bakteri.

6. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan yang ada di dalam rebung tak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga memberi manfaat lain berupa pencegahan risiko kanker.

Menurut sebuah studi dari International Scholarly Research Notices, rebung memiliki zat yang dipercaya bersifat antikanker, yaitu lignan dan fitosterol.

Kedua zat tersebutlah yang membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.