Helo Indonesia

Dengan Sayur dan Buah Berwarna Pekat, Atlet Memiliki Penglihatan yang Lebih Tajam

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 8 Juni 2023 20:56
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Dengan mengonsumsi buah dan sayur berwarna pekat, atlet memiliki penglihatan yang lebih tajam.

HELOINDONESIA.COM - Penglihatan yang baik adalah aset penting bagi atlet di hampir semua cabang olahraga. Untuk itu, nutrisi adalah bagian penting dari program pelatihan atlet mana pun. Dan sekarang, sebuah studi baru oleh para peneliti dari University of Georgia (UGA) mengusulkan bahwa melengkapi pola makan para atlet dengan buah dan sayuran berwarna dapat meningkatkan jangkauan visual mereka.

Makalah yang diterbitkan dalam jurnal in Exercise and Sport Sciences Reviews, meneliti bagaimana sekelompok senyawa tanaman yang menumpuk di retina, yang dikenal sebagai pigmen makula, bekerja untuk meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan fungsional.

Studi sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti UGA, Billy R. Hammond dan Lisa Renzi-Hammond telah menunjukkan bahwa makan makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap atau sayuran kuning dan oranye, yang mengandung senyawa tanaman lutein dan zeaxanthin tingkat tinggi, meningkatkan kesehatan mata dan otak.

Baca juga: Kontrol Diabetes Anda dengan Konsumsi 5 Jus Hijau Berikut Ini

“Banyak penelitian tentang lutein dan zeaxanthin makula berfokus pada manfaat kesehatan, tetapi dari perspektif fungsional, konsentrasi yang lebih tinggi dari pigmen tumbuhan ini meningkatkan banyak aspek kemampuan visual dan kognitif. Dalam makalah ini, kami membahas kemampuan mereka untuk meningkatkan penglihatan dalam jarak jauh atau jangkauan visual,” kata penulis utama Jack Harth, seorang kandidat doktoral di UGA’s College of Public Health.

Rentang visual, atau seberapa baik seseorang dapat melihat target dengan jelas dari jarak jauh, merupakan aset penting bagi atlet di hampir semua olahraga. Alasan mengapa objek semakin sulit untuk dilihat dan tampak kabur semakin jauh dari mata kita sebagian berkat efek cahaya biru.

“Dari perspektif pemain tengah, jika bola itu muncul di udara, itu akan terlihat dengan latar belakang langit biru cerah, atau dengan latar belakang abu-abu jika hari mendung. Bagaimanapun, target dikaburkan oleh gangguan atmosfer yang masuk ke jalur cahaya itu,” jelas Harth.

Banyak atlet sudah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak cahaya biru melalui kacamata mata hitam, tetapi makan lebih banyak makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin dapat meningkatkan kemampuan alami mata untuk menangani paparan cahaya biru, kata Harth.

Baca juga: Disebut-sebut Sebagai Pohon Ajaib, Berikut Ini Ragam Manfaat Kesehatan Minyak Kelor atau Moringa Oil

Ketika seseorang menyerap lutein dan zeaxanthin, senyawa tersebut terkumpul sebagai pigmen kuning di retina dan bertindak sebagai filter untuk mencegah cahaya biru memasuki mata.

Penelitian sebelumnya telah dilakukan untuk menguji kemampuan jangkauan visual pilot pada 1980-an, dan Hammond dan Renzi-Hammond telah melakukan penelitian yang lebih baru tentang bagaimana kepadatan pigmen makula, atau berapa banyak pigmen kuning yang terbentuk di retina, terkait dengan sejumlah pengukuran kesehatan mata dan tes penglihatan fungsional.

“Dalam serangkaian penelitian yang panjang, kami telah menunjukkan bahwa peningkatan jumlah lutein dan zeaxanthin di retina dan otak mengurangi kecacatan dan ketidaknyamanan silau dan meningkatkan kontras kromatik dan waktu reaksi motorik visual, dan melengkapi senyawa ini memfasilitasi fungsi eksekutif seperti pemecahan masalah. dan memori. Semua tugas ini sangat penting bagi para atlet, ”kata Billy R. Hammond, seorang profesor psikologi di jurusan Behavior and Brain Sciences Program di Fakultas Seni dan Sains Franklin UGA.

Makalah ini, kata Harth, memperbarui penelitian tentang hubungan antara pigmen makula dan penglihatan fungsional dan menanyakan apa yang disarankan bukti tentang mengoptimalkan kinerja atletik.

“Kami berada pada titik di mana kami dapat mengatakan bahwa kami telah melihat perbedaan jangkauan visual pada pilot yang cocok dengan perbedaan yang ditemukan dalam pemodelan, dan sekarang, kami juga telah melihatnya dalam uji laboratorium, dan tujuan masa depan adalah untuk benar-benar menghadirkan orang-orang di luar dan mengukur kemampuan mereka untuk melihat kontras dari jarak jauh melalui kabut biru nyata dan di lingkungan luar ruangan,” kata Harth.

Baca juga: Atasi Lemah Syahwat Hingga Membuat Lebih Perkasa, Berikut 4 Manfaat Ajaib Kelor untuk Kaum Pria

Tetapi sebelum Anda mulai memakan kangkung dengan harapan meningkatkan permainan Anda, dia memperingatkan bahwa setiap orang berbeda. Itu bisa berarti cara tubuh kita menyerap dan menggunakan lutein dan zeaxanthin bervariasi, dan mungkin perlu beberapa saat sebelum Anda melihat adanya perbaikan, jika memang ada.

Namun, bukti manfaat kesehatan secara keseluruhan dari mengonsumsi lebih banyak lutein dan zeaxanthin adalah alasan yang cukup untuk menambah warna pada diet Anda, kata para penulis.

“Kami memiliki data dari pemodelan dan studi empiris yang menunjukkan bahwa pigmen makula yang lebih tinggi di retina Anda akan meningkatkan kemampuan Anda untuk melihat jarak jauh. Aplikasi untuk atlet sudah jelas,” kata Harth lagi.