Helo Indonesia

Kontrol Diabetes Anda dengan Konsumsi 5 Jus Hijau Berikut Ini

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 8 Juni 2023 11:53
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - jus kelor.

HELOINDONESIA.COM - Memberi tubuh kita nutrisi dan vitamin mereka butuhkan sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan fisik yang optimal. Karena kandungan vitaminnya yang tinggi, para ahli menekankan betapa pentingnya memasukkan sayuran dan buah-buahan ke dalam makanan kita. Kami beralih ke jus sebagai cara menyegarkan untuk menghidrasi dan menyehatkan tubuh kita, terutama selama musim panas.

Jus ini memulihkan dan merevitalisasi sistem kita, mendukung kesehatan umum kita dan mencegah banyak penyakit. Mari kita lihat lima jus hijau untuk mengendalikan diabetes dan menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

1. Jus bayam

Menurut Healthline, jus bayam penuh dengan banyak manfaat kesehatan. Bayam memiliki kandungan zat besi dan karenanya, membantu mengatasi anemia. Bayam juga mengandung lutein, antioksidan karotenoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini menunda pencernaan yang memastikan gula tidak dipecah dengan cepat di dalam tubuh, sehingga menurunkan kadar gula darah.

Baca juga: Benarkah Kopi Baik untuk Kesehatan? Simak 7 Manfaat dan Efek Sampingnya Menurut Penelitian

2. Jus lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera terkenal dengan berbagai manfaat pengobatannya. Ini adalah pilihan bagus bagi siapa pun yang ingin mengontrol kadar gula darahnya karena kaya akan antioksidan seperti Vitamin C dan E, yang membantu menurunkan stres oksidatif yang pada akhirnya menurunkan gula darah. Ini juga mempromosikan kelancaran fungsi sistem pencernaan. Dalam studi klinis, terlihat bahwa minum jus daun lidah buaya ternyata dapat menurunkan kolesterol serum.

3. Jus labu botol

Labu botol adalah pembangkit tenaga dari banyak nutrisi luar biasa. Ini baik untuk kesehatan jantung dan juga untuk penderita diabetes karena mengandung banyak kandungan air dan serat. Labu botol juga kaya akan serat makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Dalam sistem pencernaan, serat membantu mengikat kolesterol, mengurangi penyerapannya ke dalam aliran darah. Ini memiliki indeks glikemik rendah, artinya tidak menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah membantu menjaga diabetes.

Baca juga: Mengungkap Fakta, Manfaat Rendaman Air Mentimun untuk Kesehatan Tubuh Anda

4. Jus kelor/ moringa

Jus kelor adalah suplemen yang bagus untuk gaya hidup sehat karena memiliki banyak nutrisi penting. Kelor membantu dalam memerangi berbagai penyakit. Zat bioaktif yang ada dalam jus kelor telah ditemukan memiliki efek anti-diabetes. Antioksidan seperti flavonoid, bahan kimia fenolik, dan vitamin C hadir dalam jus kelor ini. Tanaman ini dapat mencegah stres oksidatif dan peradangan, dua kondisi yang terkait dengan kolesterol tinggi.

5. Jus pare

Meski memiliki rasa pahit, pare merupakan makanan yang sangat baik yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Ia dikenal karena kemampuannya untuk mengontrol kadar gula darah secara efisien. Pare mengandung senyawa charantin, yang membantu menurunkan glukosa darah dalam tubuh. Tanaman ini juga mengandung senyawa mirip insulin yang disebut Polypeptide-p atau p-insulin yang telah terbukti mengendalikan diabetes secara alami.