Helo Indonesia

Mengungkap Fakta, Manfaat Rendaman Air Mentimun untuk Kesehatan Tubuh Anda

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 6 Juni 2023 02:00
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Air rendaman mentimun dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Jika ada satu hal yang disukai semua orang, itu adalah minuman kesehatan. Saat kita mengejar tujuan kesehatan dan kecantikan yang tidak pernah berakhir— bukankah akan luar biasa jika ada ramuan ajaib yang bisa menjawab semua itu?

Jika kita melihat unggahan yang berseliweran di media sosial, akan sulit mengatahui ramuan mana yang benar-benar bermanfaat untuk kesehatan dan ramuan mana yang benar-benar sampah. Air mentimun sendiri sudah cukup banyak direkomendasikan artis maupun influencer di media sosial sebagai ramuan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun apakah itu benar adanya? Dilansir dari Grazia, berikut fakta-fakta tentang manfaat air mentimun untuk kesehatan tubuh Anda.

Apa itu air mentimun?

Air mentimun hanyalah air yang dicampur dengan potongan mentimun. Minuman ini biasa disajikan dalam keadaan dingin. Semakin lama irisan mentimun berada di dalam air, semakin kaya rasanya. Asal usul air mentimun sendiri tidak diketahui. Pun demikian, ramuan ini dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan yang sudah cukup populer di Amerika Utara, Eropa, hingga Indonesia.

Baca juga: Tetap Cantik Dengan Konsumsi Air Lemon Ala Miranda Kerr, Hoak Atau Fakta?

Bagaimana cara membuat air mentimun?

Keindahan air mentimun adalah mudah dibuat, disimpan, dan bahkan dipersonalisasi. Cukup, iris mentimun dan masukkan ke dalam segelas air dingin untuk meresap setidaknya selama satu jam hingga tiga hari. Anda dapat menambahkan perasa lain jika mau, termasuk bahan-bahan seperti mint, jahe, atau lemon untuk manfaat dan rasa yang lebih banyak.

Apa manfaat air mentimun?

Manfaat minum air mentimun memang tidak ada habisnya. Sebagai permulaan, ini adalah sumber antioksidan dan nutrisi lain yang baik termasuk kalsium, potasium, vitamin C, dan vitamin A. Ini dapat membantu tubuh Anda melawan dan menunda kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif. Vitamin C sangat cocok untuk mereka yang mencoba meningkatkan kesehatan usus mereka. Ini memperkuat penghalang usus dengan mendukung pembuluh darah dan sel epitel yang melapisi usus.

Bisakah air mentimun menurunkan tekanan darah?

Ya, air mentimun dapat menurunkan tekanan darah Anda. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh terlalu banyak natrium dalam makanan Anda dan rendahnya kalium. Karena mentimun adalah sumber potasium yang bagus, elektrolit yang mengatur natrium, air mentimun sangat ideal untuk menurunkan tekanan darah.

Baca juga: 5 Tren TikTok yang Sebenarnya Dapat Membahayakan Kesehatan dan Dompet Anda

Akankah air mentimun membantu saya tetap terhidrasi?

Dengan hasil akhir menjadi sebagian besar H2O, air mentimun tentu saja benar-benar dapat membuat Anda tetap terhidrasi. Tubuh kita tidak dapat berfungsi secara efektif tanpa air dan NHS menyarankan agar kebanyakan orang minum enam hingga delapan gelas air per hari. Bagi mereka yang kesulitan untuk minum air karena rasanya yang biasa-biasa saja dan visual yang membosankan, air ketimun adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan lebih banyak air di sistem Anda.

Air mentimun dapat membantu tubuh Anda dengan meningkatkan tingkat energi, meningkatkan pencernaan, dan memperbaiki penampilan kulit Anda secara keseluruhan. Karena mentimun adalah sayuran berbahan dasar air, ini adalah cara sederhana untuk menambahkan sumber hidrasi ekstra ke dalam gelas air harian Anda.

Apakah air mentimun akan mengubah penampilan kulit saya?

Sekali lagi, air mentimun tidak memiliki kekuatan super tetapi jika digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit sehari-hari, diet yang tepat dan pola tidur yang baik – maka ya, Anda akan memiliki kulit yang sehat dan bersih. Mentimun memiliki sifat silika dan anti-inflamasi yang membantu menenangkan dan meregenerasi kulit dengan mendorong pembentukan kolagen. Ini adalah kunci untuk kulit seperti kaca karena hidrasi akan memberi Anda kilau yang montok dan awet muda serta memperbaiki penampilan rambut dan kuku Anda juga.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Teh Chamomile Menurut Tinjauan Penelitian

Apakah air mentimun memiliki risiko?

Meskipun banyak manfaat air mentimun membuatnya terdengar seperti minuman yang sempurna untuk perjalanan Anda menuju kulit bercahaya dan energi yang meledak, harap minum dengan hati-hati. Ya, hidrasi baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi Anda bisa terlalu banyak minum yang menyebabkan kelebihan urin. Berhati-hatilah jika Anda tidak memiliki akses mudah ke toilet saat kandung kemih Anda penuh. Efek samping lain adalah bahwa meskipun mentimun memiliki semua vitamin yang baik, itu juga merupakan rumah bagi cucurbitacin, senyawa beracun tingkat tinggi yang dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan jika Anda mengonsumsi terlalu banyak mentimun.

Apakah tren mengkonsumsi air mentimun sepadan untuk diikuti?

Meskipun air mentimun memiliki khasiat penyembuhan dan memberi Anda vitamin, itu bukanlah minuman ajaib yang kami harapkan. Air mentimun dapat memberi Anda kulit yang sempurna dan kesehatan yang prima bila dikonsumsi secara teratur bersamaan dengan diet sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Hanya dengan begitu Anda akan berada di jalan menuju versi diri Anda yang paling sehat.