Helo Indonesia

Tetap Cantik Dengan Konsumsi Air Lemon Ala Miranda Kerr, Hoak Atau Fakta?

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 6 Juni 2023 01:00
    Bagikan  
Miranda Kerr
Tiktok/ tscpodcast

Miranda Kerr - Miranda Kerr menyebut kalau konsumsi air lemon setiap pagi membantunya menyaring racun dalam tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Mungkin Anda sering mendengar dari selebritas, influencer atau setiap orang yang mengaku sebagai ahli kebugaran yang menyebut bahwa air lemon adalah obat detoksifikasi alami yang akan mengubah hidup Anda. Baru-baru ini, artis cantik Miranda Kerr sendiri menjadi viral karena berbagi tips rahasia bugarnya yang kerap meminum segelas air yang dicampur perasan 1 buah lemon.

Tidak mengherankan, 'manfaat air lemon' sekarang menjadi istilah pencarian di Google. Tetapi seperti halnya dengan setiap tren diet yang dipicu oleh selebritas, kita harus menggali lebih dalam untuk memahami apakah sebenarnya ada ilmu di balik apa yang disebut manfaat air lemon, atau apakah itu semua hanya mitos besar yang melanggengkan narasi palsu seputar perlunya 'detoksifikasi' '.

Baca juga: 5 Tren TikTok yang Sebenarnya Dapat Membahayakan Kesehatan dan Dompet Anda

Menginat pentingnya mencari tahu kebenaran tentang resep ini, ahli gizi tersertifikasi sekaligus penulis buku terlaris The Science of Nutrition, Rhiannon Lambert pun akhirnya angkat bicara. Kepada Grazia-Daily, ia memaparkan fakta di balik manfaat mengkonsumsi air lemon ini.

Apa manfaat air lemon

Seperti yang telah dibahas di The Science of Nutrition, Lambert menyebut, kita tidak perlu menggunakan teknik seperti ini atau produk detoks untuk membantu membersihkan tubuh, karena tubuh kita sudah memiliki sistem detoksifikasi yang sangat efektif untuk ini, yaitu hati dan ginjal.

Seringkali, kita melihat air lemon dipromosikan dengan klaim yang mengkhawatirkan untuk membantu melelehkan lemak, membersihkan jerawat, atau untuk membuang racun. Tetapi klaim ini sama sekali tidak benar. Air lemon, atau air infus buah lainnya, memang memiliki manfaat potensial, seperti meningkatkan hidrasi. Namun menurutnya, manfaat tersebut berasal dari bahan utamanya, yaitu air.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Teh Chamomile Menurut Tinjauan Penelitian

Anda juga bisa mendapatkan beberapa nutrisi tambahan dengan memasukkan lemon ke dalam air Anda, seperti vitamin C dan antioksidan, tetapi dalam minuman ukuran biasa tidak akan cukup untuk menjamin klaim kesehatan dan tidak mungkin memengaruhi berat badan Anda atau hasil atau bantuan kesehatan lainnya. Anda mencapai asupan nutrisi tertentu yang direkomendasikan.

NHS merekomendasikan agar orang dewasa minum antara 1,5-2 liter cairan setiap hari, yaitu sekitar 8-10 gelas. Namun, seperti asupan energi, rekomendasi ini bervariasi tergantung pada faktor gaya hidup, seperti seberapa banyak Anda berkeringat, lingkungan di sekitar Anda (jika Anda berada di iklim yang panas, Anda perlu minum lebih banyak), usia Anda, dan untuk wanita. jika Anda sedang menyusui.

Pada akhirnya, itu tergantung pada preferensi Anda sendiri dan jika Anda menikmati minum air lemon maka tidak ada salahnya langsung melakukannya, tetapi jangan berharap itu menghasilkan keajaiban atau membersihkan tubuh dari segala hal buruk yang mungkin dimilikinya.

Berhati-hatilah dengan jumlah yang Anda konsumsi karena Lambert juga mengingatkan pentingnya mempertimbangkan masalah kesehatan gigi yang mungkin timbul dengan meminum air lemon. Pasalnya keasaman dari lemon dapat menyebabkan erosi enamel yang dapat menyebabkan pewarnaan kuning atau peningkatan sensitivitas pada gigi.