Helo Indonesia

Benarkah Luluran Dapat Berkontribusi dalam Menghilangkan Stres?

M. Haikal - Ragam
Sabtu, 15 Juni 2024 21:30
    Bagikan  
Luluran
Foto: tangkapan layar

Luluran - Lulur atau scrub tubuh bisa membantu mengatasi stres, meskipun bukan secara langsung menghilangkan stres itu sendiri.

HELOINDONESIA.COM - Dalam hidup Anda pasti pernah mengatakan “sedang stres atau lagi stres”. Stres kerap kali diartikan ketika seseorang menghadapi masalah hingga tak menemui jalan keluar.

Ya, stres adalah respons fisik dan emosional tubuh terhadap tekanan atau tuntutan yang dirasakan dari lingkungan atau situasi tertentu.

Kondisi ini menjadi bagian alami dari kehidupan sehari-hari dan dapat berasal dari berbagai sumber, baik positif (seperti menikah atau mendapatkan pekerjaan baru) maupun persoalan negatif (seperti masalah keuangan atau kehilangan orang yang dicintai).

Salah satu cara pelampiasan positif pada seorang perempuan ketika menghadapi stres adalah dengan luluran atau scrub.

Baca juga: Doa Terbaik di Hari Arafah, Jangan Lewatkan pada 9 Dzulhijah!

Lulur memang bukan solusi dalam mengatasi stres secara keseluruhan, kombinasi manfaat fisik dan psikologis dari prosesnya ternyata menjadi bagian penting dari strategi manajemen stres yang baik.

Lulur atau scrub tubuh bisa membantu mengatasi stres, meskipun bukan secara langsung menghilangkan stres itu sendiri.

Berikut beberapa cara lulur yang dapat berkontribusi pada perasaan relaksasi dan kesejahteraan, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi stres:

Pertama, meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dengan cara menggosokkan kulit dengan lulur sehingga memberikan rasa segar dan energik.

Baca juga: Bupati Mengajar, Tiwi Ajak Siswa SMKN 1 Bojongsari Bersemangat Tuntut Ilmu

Lulur dapat mengangkat sel kulit mati dapat membuat kulit terasa lebih halus dan sehat, meningkatkan rasa percaya diri dan kepuasan batin.

Kedua, penggunaan aromaterapi menggunakan minyak esensial seperti lavender, chamomile, atau eucalyptus yang dikenal memiliki sifat menenangkan.

Ketiga, aroma dari minyak esensial ini dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

Ketiga, melakukan lulur bisa menjadi momen perawatan diri yang menyenangkan, membantu Anda melupakan sejenak masalah sehari-hari dan fokus pada diri sendiri.

Baca juga: Atasi Penuaan Dini, Berikut Cara Penggunaan Serum Anti Aging yang Tepat

Ditambah dengan sensasi pemijatan dengan mengaplikasikan lulur dapat membantu meredakan ketegangan otot dan membuat tubuh lebih rileks.

Keempat, meluangkan waktu khusus untuk melakukan lulur dapat memberikan Anda momentum istirahat yang sangat diperlukan dari rutinitas harian.

Fokus pada sensasi fisik dan proses lulur dapat meningkatkan kesadaran saat ini (mindfulness), yang diketahui dapat membantu mengurangi stres.

Kelima, lulur bisa meningkatkan mood pada diri seseorang. proses perawatan diri seringkali dikaitkan dengan peningkatan mood dan perasaan bahagia.

Baca juga: Aplikasi Mas Kusumo Permudah Pelayanan Kesehatan di RSGM Ambarawa

Merasa telah melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri dapat meningkatkan rasa prestasi dan kesejahteraan emosional.