Helo Indonesia

Hebohnya Sampah Sukaraja Puncak Gunung Es Ego Pemimpin Lampung

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Senin, 10 Juli 2023 14:59
    Bagikan  
Alzier Dianis Thabranie

Alzier Dianis Thabranie -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Politikus senior Lampung, Alzier Dianis Thabranie (ADT) melihat hebohnya sampah Pantai Sukaraja merupakan puncak gunung es egosentrisnya kepemimpinan di Provinsi Lampung, masing-masing berjalan dengan visi dan misinya masing-masing.

Ketua Umum Lembaga Pengawasan Pembangunan Lampung (LPPL) ini mengatakan tak melihat adanya kolaborasi antarpemimpin daerah ini yang akhirnya berdampak pada masyarakat. "Gaduhnya sampah Pantai Sukaraja merupakan puncak gunung esnya," tandasnya kepada Helo Indonesia Lampung, Senin (10/7/2023).

ADT mengaku kaget adanya pemahaman yang berbeda terhadap penanganan sampah di laut dan pantai. Mungkin, katanya, akibat pandangan yang berbeda ini, masing-masing pihak tak merasa bertanggung jawab terhadap penanganan sampah di laut dan pantai Teluk Lampung.

"Padahal, pemerintah pusat sudah menggembar-gemborkan kolaborasi jika memang tujuan yang selama ini benar-benar ingin mensejahterakan rakyat maka sampah laut dan pantai tak harus menunggu viral dulu baru ditangani," kata Ketua Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (FSPTI) Provinsi Lampung itu.

Baca juga: Pandawara Ungkap Maksud dan Tujuan Bersih-Bersih Pantai Sukaraja

Bakal calon anggota DPR RI dari Dapil 1 Partai Golkar Lampung yang juga pernah tiga kali memimpin Partai Gollkar Lampung uga mengingatkan agar para pemimpin daerah tak mengedepankan egosentris kekuasaannya, tapi sudah saatnya berkolaborasi sesuai kesamaan visinya mensejahterakan rakyat.

Tiktokers @Pandawara menyatakan tak bermaksud saling menyalahkan soal sampah Pantai Sukaraja, Kota Bandarlampung. Mereka berkeinginan menyampaikan pesan kepada pemerintah dan masyarakat agar laut bersih dari sampah karena berdampak pada biota laut dan warga tepi pantai.

"Stop, tidak saling menyalahkan dan itu bukan solusi, sebenarnya ini tanggung jawab kita bersama selama hidup di bumi untuk menjaga ekosistem," ujar Gilang mewakili empat temannya yang tergabung dalam Tiktoker @Pandawara saat bersih-bersih di pantai tersebut, Senin pagi (10/7/2023).

Baca juga: Viral Lautan Sampah, Wali Kota Eva Bilang Pantai Wewenang Provinsi

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana sempat menyatakan laut dan pesisir pantai bukan kapasitas kabupaten/kota, tapi milik atau wewenang Provinsi Lampung sesuai UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Dalam UU tersebut, semua pesisir pantai walau hanya berapa cm dari darat itu milik (wewenang) provinsi," ujarnya kepada awak media saat bersih-bersih sampah di Pantai Sukaraja, Bumiwaras, Senin pagi (10/7/2023).

Wali Kota Eva mengatakan bukan mencari salah siapa tapi semua ini tanggung jawab bersama. Dia mengucapkan terima kasih kepada Tiktoker @Pandawara yang telah menggerakkan masyarakat membersihkan sampah. (HBM)