Helo Indonesia

Wali Kota Eva Dapat Sertifikat Malaria dari Kemenkes RI

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 24 Juni 2024 19:28
    Bagikan  
Wali Kota Eva Dapat  Sertifikat Malaria dari Kemenkes RI

Eva Dwiana Menerima Sertifikat Malaria

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Wali kota Bandarlampung Eva Dwiana menerima Sertifikat Malaria yang diberikan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Aula Siwabessy Gedung DR Sujudi Kementerian Kesehatan RI Senin (24/6/2024)


Dalam peringatan Hari Malaria Nasional, yang di selenggarakan Kementrian kesehatan RI, kota Bandarlampung termasuk minim penyebaran penyakit malaria.


Apalagi Pemkot Bandarlampung berhasil menekan angka malaria dalam kurun waktu 3 tahun ke belakang kurang lebih 5 persen.

Baca juga: Ketua Komisi II DPRD Tubaba Segera Panggil Kapus Margodadi


Kota ini sudah memenuhi tiga indikator guna mendapatkan penilaian dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mendapatkan status eliminasi malaria.


tiga indikator penilaian Kemenkes tersebut yakni angka positif rate kasus malaria di bawah lima persen.


" kemudian tingkat kejadiannya 1:1000 kasus,dan tiga tahun berturut-turut tidak ada kejadian malaria yang diakibatkan nyamuk lokal.


Kemenkes RI memberikan sertifikat tersebut salah satunya karena tidak di temukan kasus Indigenous (kasus penularan setempat) selama 3 tahun terakhir.


Sertifikat Malaria ini diberikan kepada kabupaten/kota dengan beberapa syarat:


1. Nilai API (Annual Parasite Incidence atau angka kesakitan malaria/insidens malaria, di 3 tahun terakhir kurang dari 1 per 1000 penduduk


2. Nilai SPR (Slide positivity rate), yang didefinisikan sebagai jumlah kasus malaria yang dikonfirmasi laboratorium per 100 kasus dugaan yang diperiks di 3 tahun terakhir kurang dari 5 %


3. Tidak di temukan kasus Indigenous (kasus penularan setempat) selama 3 tahun terakhir nol kasus di Bandarlampung, atas penilaian tersebut Sertifikat Eliminasi Malaria dari Kemenkes di berikan kepada Walikota yang telah berhasil menekan angka penyakit malaria.


Sementara Eva Dwiana berkomitmen dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh untuk menggerakkan seluruh pemangku kepentingan untuk mempertahankan eliminasi malaria di Kota Bandarlampung

"Menggerakkan seluruh masyarakat dalam mencegah munculnya kasus baru malaria dan mencegah terjadinya kematian karena malaria," katanya

Kemudian, menjamin tersedianya tenaga terlatih, sarana, prasarana dan anggaran, agar setiap orang di Kota Bandar Lampung mampu menjangkau layanan kesehatan yang ada.

"Ini juga guna mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan malaria serta dicatat dan dilaporkan secara lengkap dan cermatcermat,"tandasnya (Hajim)

Tags
Eva Dwiana