Helo Indonesia

Sebut Cuma Megawati yang Bisa Memakzulkan Jokowi, Ini Kalkulasi Politik Rocky Gerung

M. Haikal - Nasional -> Politik
Selasa, 6 Februari 2024 16:59
    Bagikan  
Pemakzulan
Foto: tangkapan layar akun TikTok

Pemakzulan - Pengamat politik Rocky Gerung saat membuat kalkulasi pemakzulan Jokowi.

HELOINDONESIA.COM - Diprediksi bahwa Capres Anies Baswedan tidak akan mungkin menang di Pilpres 2024 pada 14 Februari besok.

"Dia cuma dapat suara 17% (suara). Anda panik? Banyak yang protes," ujar Rocky Gerung dalam pernuyataannya di media sosial TikTok yang diunggah akun @rahmat_Aspr0 pada Selasa (6/2/2024).

Pernyataan Rocky Gerung itu pun menurutnya banyak diprotes oleh pendukung Capres 01.

"Pak Rocky kok pesimis? Memang saya pesimis. Karena ada penghalang, dia musti dapet 52% sampe 60%. Tapi ada penghalang yang namanya disebut dengan cara baik dikatakan Said Didu, tadi yang namanya Joko Widodo," ucapnya.

Menurutnya, Jokowi akan halangi, karena untuk menang, ya singkirkan penghalangnya. Kan itu dalam pikirannya itu," kata Rocky.

Baca juga: LaNyalla Apresiasi Kejagung, Usut Kasus PT Timah Temuan DPD RI

Rocky menceritakan kalau dirinya dalam satu semester ini sudah muter di 200 kampus.

"Dan kemarin ada pembuktian bahwa anak-anak dari emak-emak di 800 kampus di DKI mengucapkan ide anti dinasti," ungkap Rocky.

Menurut Rocky, temuan itu secara terang-terangan anti presiden. Karena itu, proses politik berikutnya adalah mendorong supaya ada gerakan politik yang lebih terarah untuk mewujudkan pemakzulan.

"Diimpeachment, menurunkan presiden dengan cara konstitusional," katanya.

Rocky menegaskan, kalau penghalangnya tidak disingkirkan, maka politik 14 Februari itu omong kosong.

Baca juga: Bank bjb Hadirkan Program Gebyar Tandamata, Dapatkan Cashback Hingga 6.50%

"Ini kalkulasi. Bukan kemarahan. Tidak ada problem dengan Jokowi. Dia punya problem dengan kebijakan Jokowi," ujarnya.

Menurutnya, kita semua beroposisi karena kebijakan Jokowi buruk, menyebabkan bangsa ini melarat, menyebabkan politik itu jadi awut-awutan, menyebabkan persahabatan antarwarga negara itu pecah.

"Kan itu dasarnya. Jadi kata perubahan Indonesia itu dimulai dari mana? Dimulai dari langkah pertama kita untuk melawan," ucapnya.

Dan langkah itu, menurut Jokowi, kegiatan masyarakat sipil, relawan.

"Tapi diperlukan juga langkah politik impeachment itu dimulai. Oleh siapa? Harusnya Megawati. Karena dia punya standing di parlemen," tandasnya.

Baca juga: Lee Seung Gi dan Lee Da In Sambut anak Pertama

Dikutip dari Wikipedia, impecahment (dalam bahasa Inggris) artinya adalah pengithaman, pencemaan atau pendakwaan. Sebuah proses penjatuhan dakwaan oleh sebuah badan legislatif secara resmi terhadap seorang pejabat tinggi negara (terutama kepala negara dan/atau kepala pemerintahan).

Tergantung pada negara yang bersangkutan, pengithaman dapat berarti proses pendakwaan yang berujung pada pemecatan atau pelepasan jabatan (pemakzulan), atau hanya merupakan pernyataan dakwaan resmi semata yang mirip pendakwaan dalam kasus-kasus kriminal sehingga proses pemecatan tidak termasuk pengithaman.

Saat pejabat tersebut telah diitham, ia harus menghadapi kemungkinan dinyatakan bersalah melalui sebuah pemungutan suara legislatif, yang kemudian menyebabkan pemberhentian jabatan (pemakzulan).