Helo Indonesia

Peneliti IPI : Untuk Basis NU, Tren Perolehan Prabowo-Gibran Meningkat

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Minggu, 10 Desember 2023 06:28
    Bagikan  
Prabowo-Gibran
Tangkapan layar

Prabowo-Gibran - Prabowo berpidato dalam acara Gakkumdu Pemilu 2024

HELOINDONESIA.COM - Pasangan presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul berdasarkan hasil survei nasional yang dilakukan Indikator Politik Indonesia periode 23 November-1 Desember 2023.

Pasangan nomor urut 2 itu memperoleh sebanyak 45,4 persen dari responden kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Urutan berikutnya yaitu sebanyak 27,4 persen responden NU memilih Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Sementara untuk pendukung Anies-Muhaimin masih di peringkat ketiga dengan 22 persen responden NU.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida mengatakan bahwa pemilih Prabowo-Gibran dari kalangan NU cenderung naik sejak bulan Oktober sampai sekarang, yang pada awalnya kebanyakan memilih   Ganjar-Mahfud

"Untuk basis NU, saat ini trennya perolehan Prabowo-Gibran mengalami peningkatan," kata Rizka dalam konferensi pers daring, Sabtu.

Baca juga: Datang ke Sumbar, Sepi Pendukung, Prabowo Kesal Lempar-lempar Kaos

Menurut Rizka pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga mengalami peningkatan pemilih dari responden NU

"Sementara untuk pendukung Anies-Muhaimin masih di peringkat ketiga, tetapi ada tanda cenderumg naik walaupun tidak besar, tetapi dari 17,7 ke 22 persen ini ada kecenderungan kenaikan dari kalangan NU kepada Anies-Muhaimin," ujarnya