Helo Indonesia

Sakit, Tiga Jemaah Haji Kabupaten Rembang Pulang Lebih Cepat dari Jadwal

Jumat, 14 Juli 2023 08:13
    Bagikan  
Sakit, Tiga Jemaah Haji Kabupaten Rembang Pulang Lebih Cepat dari Jadwal

PENJEMPUTAN: Panitia pemulangan haji Kabupaten Rembang dari unsur Kemenag Rembang dan Pemkab Rembang saat melakukan penjemputan dengan ambulans di Debarkasi Solo. Foto: Ist

REMBANG, HELOINDONESIA.COM -Tiga jemaah haji asal Rembang melakukan tanazul ke kloter lain. Hal ini dikarenakan, tiga jemaah haji tersebut dalam kondisi sakit. Setelah tanazul, tiga jemaah tersebut pulang ke tanah air.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kabupaten Rembang, H Zuhri mengatakan, tiga jemaah tersebut adalah Supriyadi Jupri Mustaram, jemaah haji kloter 90 bertanazul ke kloter 22, Sumirah Sumijan Ngaripin, jemaah haji kloter 92 tanazul ke kloter 29, dan Masduri Prawito Pingi, jemaah haji kloter 90 tanazul ke kloter 27.

Setibanya di debarkasi Solo, mereka akan dijemput oleh panitia pemulangan haji Kabupaten Rembang dari unsur Kemenag Rembang dan Pemkab Rembang secara bergiliran.  “Bapak Supriyadi sudah dijemput dari debarkasi Solo dan diantar ke Rembang dengan ambulans. Sudah sampai di Rembang pada Kamis, 13 Juli sekitar pukul 03.00 WIB. Sementara dua jemaah lainnya akan dijemput dari debarkasi Solo. Ibu Sumirah pada besok Jumat malam dan Pak Masduri pada Sabtu pagi,” jelas Zuhri.

Sebelumnya diberitakan, jemaah asal Rembang yang meninggal di tanah suci ada tiga orang. Pertama, Hj Juriyati Samsuri Sumarto merupakan salah satu jemaah haji kloter 91 SOC yang wafat di  RS An-Nur Makkah pada Selasa, 11 Juli 2023 pukul 10.00 waktu setempat.

Desa Trembes

Kedua, Sulasih Mustadjab Saliman Binti Mustadjab. Sulasih menghembuskan nafas terakhir saat dirawat di RSAS An-Nur, Makkah pada Kamis, 6 Juli 2023 pukul 12.00 waktu setempat. Almarhumah berasal dari dari Desa Trembes, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang.

Ketiga yaitu Warsiti Warsiman Basinan, salah satu jemaah haji kloter 91 yang meninggal di RS Mina pada Jumat, 30 Juni 2023 pukul 00.00 waktu setempat. Warsiti adalah warga Desa Temperak, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang.

Jemaah haji asal Rembang tergabung dalam kloter 90, 91 dan 92 dijadwalkan pulang ke tanah air pada 1-3 Agustus 2023. Awalnya, jemaah Haji Kabupaten Rembang berjumlah 872, terdiri atas 864 jemaah dan 8 Petugas Haji Daerah. Mereka tergabung dalam kloter 90 dan 89B (97), 91 92 dan 99 (94 C) SOC.

Namun ketika pemeriksaan kesehatan di embarkasi Solo, lima calon haji dinyatakan belum bisa terbang ke tanah suci. Sehingga, total yang berangkat menjadi 867 jemaah. Tiga jemaah di antaranya meninggal dunia, dan tiga orang bertanazul pulang lebih cepat. (Icoh)