Helo Indonesia

USM Jajaki Kerja Sama dengan Pertamina DPPU Ahmad Yani dan Baznas Kota Semarang

Sabtu, 1 Juli 2023 15:12
    Bagikan  
USM Jajaki Kerja Sama dengan Pertamina DPPU Ahmad Yani dan Baznas Kota Semarang

Tim Inovasi USM yang dipimpin saat mengunjungi kantor Baznas Kota Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Universitas Semarang (USM) melanjutkan inisiasi penjajakan kerja sama dengan Pertamina DPPU Ahmad Yani Semarang dan Baznas Kota Semarang di kantor Baznas Kota Semarang pada 27 Juni 2023 lalu.

Acara dibuka Kepala Pelaksana Baznas Kota Semarang, Muhammad Asyhar SSosI didampingi Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan Baznas Kota Semarang, H Nur Fuad SAg, Kabid Pendayagunaan Ripai SH, Kabag Perencanaan dan Pelaporan Tri Mursito AMd.

Tim PT Pertamina DPPU Ahmad Yanni Semarang terdiri atas Shoiful Amri (Supervisor Health, Safety, Security, and Environment & General Affair), Dewangga Cipta Mahendra dan M Renaldi Putra (Chief Data Officer).

Rektor USM Dr Supari ST MT mengatakan, setelah melakukan inisiasi kerja sama dan melakukan kunjungan survei lokasi, pihaknya menawarkan inovasi di antaranya alat pengasapan ikan dan pengeringan ikan.

''Alhamdulillah, Pertamina dan Baznas memberi respons positif terkait inovasi tersebut,'' katanya.

Tim Inovasi USM terdiri atas Dr Supari ST MT, Dr Andhy Tri Adriyanto, Satria Pinandita ST MEng., dan Dr Yulianto Budisetiawan, SSos, Dr Rohmini Indah Lestari ST MM, dan Risti Ulfi Hanifah SE MAk.

Mereka mempresentasikan hasil inovasi pengering ikan untuk hilirisasi hasil penelitian. Hal itu untuk mengawali hilisari dengan Pertamina yang mengarah ke MoU.

Sementara itu, Tim Peneliti USM, Satria Pinandita, ST MEng mengatakan, inovasi pengering keripik ini dibuat untuk UMKM di desa binaan CSR Pertamina DPPU Ahmad Yanni Semarang.

Dr Andhy Tri Adriyanto SE MM berharap, inovasi tersebut bermanfaat bagi para kelompok binaan yang skala UMKM sehingga semakin meningkatkan produktivitas dan meningkatkan nilai ekonomis produk yang pada akhirnya para UMKM ini bisa mencapai sustainability.

Sementara itu, Muhammad Asyar berharap, USM dan Baznas Kota Semarang bisa sinergi dalam mendukung program CSR PT Pertamina khususnya untuk para UMKM Tambakharjo dalam peningkatan ekonomi. (Aji)