Helo Indonesia

Baznas Kota Semarang Berhasil Himpun Zakat Rp 2 M Selama Ramadan, Arnaz Sebut Lampaui Target

Senin, 8 April 2024 21:24
    Bagikan  
Baznas Kota Semarang Berhasil Himpun Zakat Rp 2 M Selama Ramadan, Arnaz Sebut Lampaui Target

Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang berhasil menghimpun zakat fitrah dan fidyah sebesar Rp 2 miliar.

Jumlah itu menurut Ketua Baznas Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara, hanya dikumpulkan sepanjang Ramadan 1445 H saja.

Bahkan jumlah pengumpulan ini melampaui target yang dicanangkan sebelumnya sebesar Rp 1,7 miliar.

Alhamdulilah dengan sosialisasi yang masif dan efektif, kami juga menerima infak dan sodakoh dari saudara-saudara nonis (non Islam),” terangnya, Minggu 8 April 2024.

Baca juga: Jelang Lebaran Wabup Kendal Bagi-bagi Parsel kepada Warga

Arnaz merinci bahwa perolehan Rp2 miliar terdiri dari penerimaan ZIS, fidyah dan DSKL sebesar Rp1,6 miliars sedangkan sebesar Rp 400 juta merupakan zakat fitrah.

“Kami pastikan bahwa baik zakat fitrah maupun zakat mal serta infak dan sedekah yang terdistribusi akan mengacu pada 3 asas aman yakni asas aman syar’i, aman regulasi dan aman NKRI sehingga tepat sasaran dan tepat manfaat karena kami melalui proses assesment yang ketat,” tandas Arnaz.

Kemaslahatan Umat

Dijelaskannya, sebagai amilin Baznas Kota Semarang yang diberi wewenang sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang pengelolaan zakat, diberi amanah dari para muzakki untuk mendistribuskannya kepada mustahik yang berhak menerimanya sesuai dengan ketentuan Syariat Islam dan Perundangan yang berlaku.

Baca juga: Berbagi Berkah Ramadhan, Pertagas Berikan Santunan Kepada 1.326 Yatim Dhuafa di Seluruh Indonesia

“Tugas kami untuk mengumpulkan dana dari zakat, infak dan sedekah (ZIS) dan dana sosial keagamaan lainnya sebanyak-banyaknya dan menyalurkan seluas-luasnya untuk kebermanfaatan dan kemaslahatan ummat,” imbuh Arnaz yang juga ketua umum KONI Kota Semarang ini.

Sebelumnya, bersama dengan CIMB Niaga Syariah, BCA Syariah dan IPAPIS (penyedia jasa persiapan pernikahan), Baznas memberikan santunan dan bantuan berupa barang kepada 50 anak.
Selain itu,  ada penyerahan beasiswa pendidikan kepada siswa yang kurang mampu.


Tak ketinggalan, ada bantuan program berkah Ramadan berbagi berupa sembako untuk santri dan pengasuh melalui 17 pondok pesantren yang ada di Kota Semarang dengan menggandeng FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren) Kota Semarang.

Baca juga: Opor Ayam Kampung, Menu Trending Lebaran 2024


“Dengan terdistribusikannya zakat fitrah maupun zakat maal, Baznas Kota Semarang dapat memberikan contoh pola pendistribusian yang tertib dan lancar sehingga diharapkan mampu menjadi lembaga pengelola zakat yang terpercaya baik dari stakeholder, muzakki maupun masyarakat dalam hal pengelolaan zakat, infak dan sedekah di Kota Semarang,” imbuh Arnaz yang juga Ketua Kadin Kota Semarang tersebut. (Aji)