Helo Indonesia

Pelatihan Komunikasi Organisasi oleh Tim USM di Karang Taruna Bangetayu Wetan

Jumat, 16 Juni 2023 14:53
    Bagikan  
Pelatihan Komunikasi Organisasi oleh Tim USM di Karang Taruna Bangetayu Wetan

Pelatihan Komunikasi Organisasi oleh USM kepada pemuda pemudi Karang Taruna Bangetayu Wetan

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Semarang memberikan Pelatihan Komunikasi Organisasi Karang Taruna dalam Meningkatkan Motivasi Pemuda/Pemudi Kreatif di Gedung Balai Kelurahan Bangetayu Wetan, baru-baru ini.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta itu menghadirkan tiga narasumber dosen Fakultas Psikologi USM , Irwan Desyantoro S.Psi MPsi, Dr Rusmalia Dewi SPsi MSi Psikolog, dan Cristine Roselvia Triamelia SPsi MPsi Psikolog.

Ketua pelaksana, Irwan Desyantoro SPsi MPsi mengatakan, kegiatan bertujuan memberikan pemahaman kepada anggota karang taruna tentang pentingnya peranan komunikasi organisasi.

Baca juga: Lembah Sunset Kalimanggis, Sensasi Petik Stroberi dan Pesona Alam pada Sore Hari

''Dari hal ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk menghasilkan pemuda-pemudi kreatif sehingga dapat mengembangkan organisasi lebih baik lagi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat di sekitar,'' katanya.

Menurutnya, komunikasi adalah hal yang penting bagi kehidupan manusia. Manusia menghabiskan 70% dari waktu mereka untuk berkomunikasi, menulis, membaca, berbicara, dan mendengar.

''Komunikasi yang buruk merupakan sumber konflik antar personal, dan sebuah ide betapa pun hebatnya tidak berguna hingga dapat disampaikan dan dipahami orang lain,'' ungkapnya.

Baca juga: Miliki Fitur Dynamic Island Seperti iPhone, Hape Elegan 2 Jutaan ini Bikin Konten Videomu Gak Kalah Keren

Dalam materinya, Rusmalia Dewi mengatakan, komunikasi organisasi bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, arus kerja yang lebih efektif, hubungan keanggotaan yang lebih kuat, pemecahan masalah lebih cepat, serta pengambilan keputusan lebih kuat.

''Dari kegiatan ini diharapkan peserta mampu untuk berkomunikasi secara horizontal ataupun vertikal dengan memahami informasi yang diterima dari anggota lainnya serta mampu memberikan dan menerima informasi (berkomunikasi timbal balik) dengan baik,'' katanya. (Aji)