Helo Indonesia

Lembah Sunset Kalimanggis, Sensasi Petik Stroberi dan Pesona Alam pada Sore Hari

Jumat, 16 Juni 2023 14:35
    Bagikan  
Lembah Sunset Kalimanggis, Sensasi Petik Stroberi dan Pesona Alam pada Sore Hari

Salah satu pengunjung sedang memetik stroberi di Lembah Sunset Kalimanggis

TEMANGGUNG, HELOINDONESIA.COM - Lembah Sunset Kalimanggis belakangan menjadi tempat plesiran keluarga yang recommended untuk dikunjungi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Wajar saja, wisata yang sempat viral berada di lokasi yang benar-benar seru untuk berlibur bersama orang-orang tersayang.


Wisata yang berada di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, Temangung ini menawarkan pesona panorama alam berlatar Gunung Sumbing. Selain dimanjakan lahan pertanian yang menghijau, wisata ini mengandalkan kebun stroberi yang bisa dipetik.
Lembah Sunset bisa dijangkau dari Sumowono Kabupaten Semarang arah Kaloran. Selama perjalanan wisatawan akan disuguhi pesona pegunungan serta udara sejuk.

Baca juga: Gubug Lereng Merangan di Desa Pakis, Tawarkan Lanskap Alam dan Persawahan Nan Menawan


Jangan lupa, di Lembah Sunset yang berada di jalur Sumowono-Kaloran ini pengunjung disarankan menyiapkan uang untuk menikmati lezatnya es krim stroberi.Harga es krim stroberi semangkuk Rp 20 ribu dan Rp 25 ribu untuk varian campur.


Lembah Sunset

Daya tarik objek wisata ini adalah pengunjung a bisa memetik dan menikmati stoberi secara langsung dari kebun.
Jika pengunjung ingin memetik buah stroberi, pihak pengelola menyediakan keranjang dan gunting untuk dibawa ke kebun. Sambil memetik buah, pengunjung biasanya memanfaatkan momen ini untuk berfoto-foto.

Baca juga: Negeri Kahyangan Magelang Bikin Wisatawan Serasa Berada di Negeri Dongeng


Di dekat kebun stroberi, ada gazebo berbentuk segitiga yang digunakan pengelola untuk menimbang stroberi yang dipetik. Dijual setiap onsnya Rp 12.500 ribu. Di gazebo ini, pengunjung bisa memesan aneka gorengan, dan makanan.


Menyaksikan Sunset


Sambil menikmati kuliner khas Lembah Sunset, wisatawan bisa duduk santai sambil menanti terbenamnya matahari. Ya, melepas penat sambil menyaksikan terbenamnya matari (sunset) di ufuk barat memang sesuatu banget.Seusai namanya, Lembah Sunset. Makanya, di sini ada tempat yang memang disediakan untuk melihat sang surya tenggelam di peraduannya.

senja

Marman, warga Wonosobo yang sengaja datang bersama keluarga mengakui, wisata memang cocok untuk bersantai setelah sepekan bekerja. Dia mengaku datang dua kali ke sini. ''Dulu pertama datang saat masih sendiri, sekarang sama keluarga,'' katanya tertawa.
Lokasi Lembah Sunset juga mudah dikenali. Dia senang melihat anaknya bermain di kebun stroberi. Dia menyarankan, agar pengelola lebih menyediakan banyak gunting, karena kasihan kalau tak ada yang kebagian.


Hal senada disampaikan Hafiz dari Kendal. Siswa kelas tiga SD merasa ingin berlama-lama jika berada di kebun stroberi. ''Hawanya enak di sini, apalagi bisa beli stroberi untuk dibawa pulang,'' ujar bocah yang suka nonton kesenian kuda lumping ini. (Aji)