Helo Indonesia

Negeri Kahyangan Magelang Bikin Wisatawan Serasa Berada di Negeri Dongeng

Rabu, 14 Juni 2023 18:51
    Bagikan  
Negeri Kahyangan Magelang Bikin Wisatawan Serasa Berada di Negeri Dongeng

Keindahan wisata Negeri Kahyangan di Magelang yang menakjubkan. Foto: beritamagelang.id

MAGELANG, HELOINDONESIA.COM - Alam ini menyimpan banyak keajaiban dan keindahan yang memberi keberkahan bagi kita. Anugerah berupa keindahan alam pegunungan dan hamparan perkebunan hortikultura itulah yang dimanfaatkan para pegiat pariwisata di Kabupaten Magelang.


Mereka mendesain keindahan itu melalui wisata Negeri Kahyangan. Wisata ini berada di Dusun Surodadi, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Tempat yang berada di lereng gunung Merbabu ini pernah viral.

Baca juga: Sumowono Bamboo Garden, Memandang View Terindah Gunung Ungaran dari Kebun Bambu


Seperti dilansir beritamagelang.id, Negeri Kahyangan yang memiliki keunggulan pada keindahan alamnya ini, telah mampu membuka pori-pori ekonomo masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan keberadan kelompok sadar wisata atau pokdarwis. Mereka dalam menjajakan dagangan sudah mulai tertata dengan baik, menyambut tamu wisata dengan keramahan dan senyum.

Kahyangan
Pembina Negeri Kahyangan Mul Budi 'Bodrek' Santoso menyebut, Negeri Kahyangan memiliki keunggulan tersendiri, selain keindahan alam, juga cuaca yang kerap berubah-ubah. Kadang hujan, mendung, berkabut kemudian panas.
"Dalam kondisi apapun, Negeri Kahyangan tetap dikunjungi wisatawan," katanya.


Destinasi wisata alam tersebut bisa dijangkau dengan satu jam perjalanan dari pusat Kota Magelang, menuju lokasi wisata yang terletak di lereng Gunung Merbabu, tepatnya jalan utama via Selo.


Lanskap alam berupa terasiring tanaman pertanian, berupa sayuran hingga hijaunya pepohonan menjadi pemandangan yang dijumpai wisatawan. Akses jalan menuju wisata dengan ketinggian 1.130 Mpdl ini tidak terlalu lebar, namun masih aman untuk dilewati bahkan bagi kendaraan roda empat.

Baca juga: Uji Adrenalin dengan Arung Jeram di Sungai Elo Magelang


Disebut negeri kahyangan tempatnya jauh di atas tertutup kabut sehingga terkesan menembus langit kahyangan. Apalagi, memasuki dusun tersebut harus melewati sebuah bangunan seperti gerbang yang didesain mirip kastil kerajaan, sehingga serasa membawa pengunjung ke negeri dongeng.


Bangunan ini merupakan istana Negeri Kahyangan. Di sampingnya, terdapat patung kereta kuda kencana yang tampak ingin terbang menembus awan.


Tepat di salah satu sisi bangunan kastil, terdapat tangga kecil yang menuju ke bagian atap. Dari atas kastil pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan gunung-gunung lainnya.


Panorama malam hari di Negeri Kahyangan menjadi alternatif ketika wisatawan tidak dapat menikmatinya di siang hari. Bahkan pengelola wisata  akan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung  yang ingin camping.


Selain menikmati pemandangan alam, para pengunjung negeri kahyangan juga bisa menikmati kuliner setempat. Di sana ada warung-warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau. (Aji)