Helo Indonesia

Rem Blong, Truk Box Bermuatan Air Mineral Tabrak Tebing di Magelang

Rabu, 27 Maret 2024 08:14
    Bagikan  
Rem Blong, Truk Box Bermuatan Air Mineral Tabrak Tebing di Magelang

Tim Basarnas Magelang saat mengevakuasi sopir yang terjepit di dashboard truk. Foto: Basarnas

MAGELANG, HELOINDONESIA.COM - Sebuah truk box muatan air mineral yang melaju dari Kopeng menuju Magelang mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Magelang-Boyolali Pakis, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jateng, pada Selasa petang 26 Maret 2024 pukul 18.10 WIB.

Diduga truk bernopol T-9577-DF itu mengalami rem blong sehingga sang sopir, Tomas Mindharta (52), mengambil inisiatif menabrakkan truk box-nya ke tebing yang ada di sebelah kanan.

Akibat insiden tersebut, sang sopir yang merupakan warga Rambaan Randugading, Tajinan, Kabupaten Malang tersebut mengalami cedera akibat terjepit dashboard truk.

Baca juga: Membasuh Luka Palestina, Syekh Fayez hadir dalam Safari Ramadan di Kendal

Beruntung saat kejadian lalu lintas cukup lengang sehingga kecelakaan tersebut tidak menimbulkan efek yang lebih parah.

"Saat di jalan turunan panjang, truk mengalami rem blong, sopir sudah berusaha antisipasi dengan menarik rem tangan dan juga memasukkan persneling mundur, tapi karena muatan full truk tidak mau berhenti. Melihat di sebelah kirinya jurang, akhirnya ditabrakkan ke tebing yang ada dikanan oleh sopir,'' terang Kepala Kantor Basarnas Semarang, Budiono, dalam keterangan tertulisnya, Rabu 27 Maret 2024.

Atas informasi tersebut, Basarnas Semarang segera mengirimkan satu tim dari Unit Siaga SAR (USS) Borobudur bersama tim SAR gabungan untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan peralatan ekstrikasi yang khusus digunakan untuk penanganan kecelakaan dengan kondisi korban terjepit.

Penanganan

Tim SAR gabungan yang tiba pukul 19.15 WIB segera melakukan penanganan dengan membuka akses korban terjepit menggunakan peralatan ekstrikasi. Tak butuh waktu lama dengan dibawah kondisi hujan gerimis, pukul 20.20 WIB korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Baca juga: Begini Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan Tubuh Anda

"Korban mengalami pendarahan luar lengan kanan dan kiri bawah, pendarahan luar bagian pelipis serta pendarahan luar di perut bagian kiri. Korban dibawa ke RSU Syubbanul Wathon Magelang untuk penanganan medis lebih lanjut,'' ujar Budiono menambahkan.

"Terima kasih atas kerjasama dari tim SAR gabungan sehingga korban bisa cepat dievakuasi dalam keadaan selamat,'' tambah Budiono. (Aji)