Helo Indonesia

USM Dikunjungi 12 Mahasiswa Asing, Prof Sudharto Bicara Upaya Kota Semarang Hadapi Perubahan Iklim

Kamis, 12 Oktober 2023 04:36
    Bagikan  
USM Dikunjungi 12 Mahasiswa Asing,  Prof Sudharto Bicara Upaya Kota Semarang Hadapi Perubahan Iklim

Para mahasiswa luar negeri yang mengunjungi USM untuk belajar dan mengenal budaya Kota Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Sebagai kota pesisir yang berhubungan erat dengan laut, Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan ilmuwan dari pendidikan tinggi terus mencoba bermacam cara agar fenomena climate change tidak mengganggu keseimbangan alam di kota ini.

Hal tersebut dikatakan Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD dalam seminar dengan tema "Climate Change Effect For Semarang City, Central Java Province, And It's Tourism" di Ruang Teleconference Universitas Semarang (USM) pada Rabu 10 Oktober 2023.

Baca juga: Kunjungi TMMD di Desa Purwogondo, Kasdam IV/Diponegoro Apresiasi Gotong Royong TNI dan Warga

Kegiatan yang diselenggarakan Satuan International Office (IO) USM tersebut diikuti 12 mahasiswa asing yang terdiri atas tujuh orang asal Perancis, tiga asal Malaysia, satu asal Ghana dan satu asal Singapura.

Menurutnya, mempelajari fenomena perubahan iklim dan usaha pemanfaatan kondisi lingkungan merupakan hal yang penting untuk dilakukan saat ini.

"Pemahaman yang mendalam tentang perubahan iklim membantu kita mengidentifikasi dampak potensialnya dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengurangi risikonya serta diharapkan dapat membangkitkan kesejahteraan penduduk semarang," katanya.

Mengenal Budaya

Ketua IO USM, Faisal Yusuf BA MM MBA mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rundown Culture Camp 2023 yang berlangsung selama empat hari.

"Selain mengajak mahasiswa asing mengenal sosial, budaya dan ekonomi di Kota Semarang, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu mahasiswa USM untuk belajar percaya diri sehingga berani berkomunikasi, berdiskusi dan belajar bersama mahasiswa asing," ungkapnya.

Baca juga: Drama Korea Destined with You Episode 15 Sub Indo

Menurutnya, pada kegiatan itu para mahasiswa asing diajarkan tari tradisional asli Semarang dan bermain musik Karawitan Jawa Tengah.

"Diharapkan, dari hal itu juga dapat meningkatkan kesadaran kami untuk mempersiapkan diri menjadi universitas yang terbuka secara global," pungkasnya. (Aji)