Helo Indonesia

Surabaya dan Sekitarnya Masih Dihantui Banjir, Jika Ramalan BMKG ini Terjadi

Edo - Nasional
Sabtu, 6 April 2024 09:36
    Bagikan  
BANJIR
tangkapan layar

BANJIR - Kondisi banjir di kawasan Rungkut Tengah Kota Surabaya, Jumat (5/4/2024) malam hingga Sabtu (6/4/2024)

HELOINDONESIA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi cuaca pada Sabtu (6/4/2024) khususnya Surabaya dan sekitarnya serta wilayah Jawa Timur.

Diprediksi di kawasan ini bakal terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore bakal terjadi di sebagian wilayah Jawa Timur.

Wilayah yang berpotensi hujan tersebut yakni Sidoarjo, Nganjuk, Malang, Probolinggo, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Baca juga: Wali Kota Eva Minta Izin Pembongkaran Bangunan Pemicu Banjir

Kemudian pada malam hari terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto, sedangkan pada pagi ini, secara umum Jawa Timur cerah, berawan, dan berkabut.

Kemudian cuaca pada siang hingga sore, malam, dan dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 14 hingga 34 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 55-95 persen.

Baca juga: Walau 14 Tanggul Diperbaiki, Banjir Belum Dapat Dibelokan di Balam

Angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memprakirakan kondisi perairan Jawa Timur secara umum berpotensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

Arah angin didominasi dari arah Barat ke Barat Laut dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 16 knots (30 km/jam), dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 20 knot (37 kilometer per jam).

Baca juga: Rem Blong di Jalur Cangar Pacet! Mobil Honda Civic Turbo Milik Warga Solo, Nyungsep Tabrak Warung

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.75-1.5 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.5-2.5 meter.

Jika prediksi ramalan hujan lebat itu benar-benar terjadi di wilayah Surabaya dan Sidoarjo maka bukan tidak mungkin bakal terjadi banjir di sejumlah tempat.

Sebelumnya wilayah Surabaya dan sekitarnya terjadi genangan air yang cukup dalam setelah malam diguyur hujan selama 2 jam, Jumat (5/4/2024) dini hari.

Baca juga: Stasiun Gubeng Surabaya Mulai Dipadati Penumpang Mudik Lebaran 2024

Bahkan hingga Sabtu (6/4/2024) pagi, hujan masih menggenangi sejumlah wilayah di Surabaya maupun Sidoarjo.

Sedangkan dari hasil pantauan dari sosial media, beberapa wilayah juga dilanda banjir, di antaranya Jalan Raya Lontar, Jalan Kutisari Selatan, Jalan Tanjungsari, kawasan perkampung Rungkut Tengah Gang 3, dan Jalan Rungkut Menanggal Harapan.

Kemudian wilayah Sidoarjo seperti kawasan Terminal Purabaya, kawasan Berbek, Tambakrejo, Tambaksawah, Tambaksumur hingga wilayah Sedati, Kabupaten Sidoarjo. **