Helo Indonesia

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Turbulensi di Pesawat, Jangan Panik !

Malda - Lain-lain
Kamis, 23 Mei 2024 10:52
    Bagikan  
Foto
pixabay.com

Foto - Pesawat Terbang

HELOINDONESIA.COM - Kalian pasti sudah pernah mendengar kata 'turbulensi'. Kala mendengar kata tersebut pasti yang terlintas di kepala kalian adalah pesawat terbang. 

Turbulensi yang mungkin kalian ketahui adalah guncangan yang terjadi ketika berada dalam pesawat, didalm pesawat seperti terasa gempa.

Namun berdasarkan informasi yang disampaikan melalui buku 'Fisika Berbasis Al-Quran' karya Ridwan Abdullah Sani, turbulensi pesawat lebih jelasnya adalah permasalahan yang dihadapi oleh pesawat saat sedang terbang. 

Pada saat turbulensi terjadi, gaya angkat pada pesawat cenderung berkurang dengan sangat cepat. Hal ini dapat memicu pesawat tiba-tiba jatuh secara mendadak.

Kondisi turbulensi pesawat juga bisa membuat para penumpang terkejut hingga mengalami cedera.

Berbeda dengan turbulensi yang terjadi di daerah berawan yang bisa diprediksi oleh pilot pesawat, turbulensi di daerah udara yang cerah atau clear air turbulence cenderung sulit untuk diprediksi. Bahkan pada situasi tersebut juga tidak dapat dideteksi menggunakan radar standar sekalipun.

Bagi anda yang mungkin pernah atau tengah mengalami situasi saat turbulensi terjadi di pesawat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. 

Lantas apa yang harus kita lakukan jika mengalami turbulensi ?

Dirangkum dari laman New York Times dan Sheffield, berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat turbulensi terjadi:

  • Usahakan untuk tidak panik dan tetap tenang selama turbulensi terjadi.
  • Mendengarkan arahan yang akan diberikan oleh pihak awak pesawat dan tidak melakukan tindakan yang gegabah.
  • Memakai sabuk pengaman yang dipasang dengan benar dan nyaman.
  • Mengambil nafas dalam-dalam dengan metode pernafasan 4-4-8, yaitu 4 detik mengambil nafas, 4 detik menahannya, dan 8 detik mengembuskannya keluar.