bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Mesin Pesawat Garuda Bawa 450 Jamaah Haji Terbakar di Makassar, Mendarat Darurat dengan Selamat

Kamis, 16 Mei 2024 10:58
    Bagikan  
Mesin Pesawat Garuda Bawa 450 Jamaah Haji Terbakar di Makassar, Mendarat Darurat dengan Selamat
(Tangkapan Layar/istimewa)

HELOINDONESIA.COM - PESAWAT Boeing 747-412 milik maskapai Garuda Indonesia yang mengangkut jamaah mengalami insiden terbakar mesin kanan. Peristiwa itu terjadi sesaat pesawat melakukan take off di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros.

Ada percikan api pada salah satu mesin di sisi kanan. 

Momen pesawat yang mengangkut jamaah haji asal Makassar itu dibagikan oleh akun X (Twitter) @Love09July07.

Insiden itu membuat Pilot in Command (PIC) mengambil keputusan Return to Base (RTB) setelah mempertimbangkan kondisi kendala mesin pesawat. 

Beruntung pilot berhasil melakukan pendaratan darurat dengan mulus sehingga seluruh penumpang selamat tanpa mengalami cedera. Usai melakukan pendaratan darurat, pesawat langsung dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Hingga saat ini, pihak terkait masih melakukan investigasi penyebab mesin kanan pesawat Boeing 747-412 milik Garuda Indonesia terbakar. Mengingat ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kegagalan mesin.

Sementara untuk pesawat milik Garuda Indonesia belum diketahui penyebab terbakarnya mesin di sisi kanan. Tapi, insiden yang sempat terekam kamera warga memperlihatkan detik-detik terbakarnya mesin pesawat tersebut.


Terlihat dengan jelas percikan api yang muncul dari mesin pesawat yang diikuti dengan asap yang keluar dari mesin. Pesawat juga terlihat terbang rendah karena tidak memiliki daya dorong yang cukup untuk melakukan penerbangan dengan sempurna.

Beruntung, pilot yang bertugas mengambil keputusan dengan cepat untuk melakukan pendaratan darurat. Setidaknya ada 450 jamaah haji asal Kabupaten Gowa yang selamat dari insiden yang bikin jantung berdebar itu.

 Warganet yang melihat hal tersebut mengaku terkejut dan merasa lega seluruh jamaah serta awak pesawat selamat.

“Alhamdulillaah..semoga seluruh jamaah haji bisa berangkat dan melaksanakan ibadah haji serta selamat kembali pulang ke Indonesia menjadi haji mabrur. AAMIIN,” kata @dian***.