Helo Indonesia

5 Rekomendasi Masker untuk Atasi Kulit Berjerawat

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 27 Juni 2024 07:25
    Bagikan  
pinterest

-

HELOINDONESIA.COM - Wajah yang berjerawat sering kali membuat kepercayaan diri menurun, terkadang membuat penderitanya merasa risih. Jika tidak menggunakan perawatan yang tepat kulit yang berjerawat akan makin meradang. Simak dibawah ini bahan yang cocok untuk kulit berjerawat.

1. Masker kunyit dan madu

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi alami dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Bubuk atau tanaman kunyit dapat diubah menjadi masker untuk mengatasi jerawat. 

Jika dicampur dengan madu, maka akan menambah sifat antioksidan, antibakteri, dan antimikroba. Cara ini dapat menenangkan kulit yang meradang dan mencegah jerawat di kemudian hari. 

2. Masker clay dan tea tree

Tea tree oil bersifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga efektif jika digunakan untuk mengatasi jerawat. Namun, kamu perlu berhati-hati menggunakannya karena adanya tea tree oil di dalamnya.

Sebab, bahan tersebut berisiko tinggi mengiritasi kulit. Itulah sebaiknya tea tree oil dicampur ke dalam masker tanah liat atau clay bentonit kalsium. Dengan begitu dapat mencegah kemungkinan iritasi. 

Jerawat rentan muncul di T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu.

3. Masker witch hazel dan air mawar

Gabungan kedua bahan masker jerawat ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. Selain itu, kandungan didalamnya bersifat antibakteri alami dan antiinflamasi. 

Dengan menggunakannya secara rutin, jerawat perlahan bisa mengempis. Kedua bahan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi jerawat membandel yang hilang dan timbul. 

4. Masker gel lidah buaya

Gel lidah buaya merupakan bahan penenang alami. Ia dapat membantu meredakan jerawat yang sedang meradang dan teriritasi. Tanaman ini juga memiliki asam salisilat dan belerang alami.

Kedua kandungan tersebut sangat efektif sebagai penangkal jerawat. Terutama bagi orang yang memiliki wajah berminyak. Cara kerjanya dengan mengurangi produksi minyak berlebihan.

5. Masker oatmeal

Masker jerawat alami yang terakhir adalah oatmeal. Oat mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi. Gandum dari oat merupakan sumber vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, dan mineral yang baik untuk mengatasi kulit berjerawat. 

Kamu juga bisa mencampurkan bubuk oatmeal dengan beberapa tetes tea tree oil. Aplikasikan masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.