bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bekas Jerawat Menghitam, Begini Cara Mengatasinya

Ratu Mandiri - Ragam
Kamis, 9 Mei 2024 17:17
    Bagikan  
pinterest

-

HELOINDONESIA.COM - Bekas jerawat menghitam memang bisa jadi salah satu hal yang mengganggu penampilan. Bukan tanpa alasan, kulit yang seharusnya terlihat halus dan mulus malah terganggu dengan adanya kehadiran noda bekas jerawat yang membuatnya terlihat jadi nggak merata. Jelas bikin jadi nggak percaya diri kan? 

Biarpun bekas jerawat ini bisa disamarkan dengan pemakaian produk makeup, tapi hal tersebut bukan menghilangkan hingga ke akarnya. Kamu hanya menutupinya sementara dengan riasan yang digunakan. Begitu dihapus, maka tekstur kulit yang nggak merata akan kembali terlihat. Biar nggak jadi dilema terlalu lama, yuk buruan cari tahu penyebab dan cara mengatasinya yang tepat!

Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Kok bisa sih habis jerawat malah meninggalkan noda hitam yang mengganggu penampilan? Ternyata ada beberapa faktor yang bisa mendorong kondisi tersebut terjadi. Apa saja sih?

1. Peradangan

Saat sedang mengalami jerawat, kulit akan mengalami peradangan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan perubahan warna kulit, dari kemerahan hingga kehitaman yang muncul setelah jerawat sembuh. Hal ini terjadi karena reaksi dari sistem imun di dalam tubuh yang memproduksi sel melanosit untuk memproduksi melanin. Zat inilah yang kemudian menyebabkan jerawat meninggalkan noda berwarna gelap.

2. Radiasi Sinar Matahari

Faktor lain yang bisa menyebabkan bekas jerawat tampak menghitam adalah radiasi sinar matahari. Bukan rahasia lagi jika paparan sinar UV bisa membuat kulit jadi memproduksi lebih banyak melanin, terutama pada bekas jerawat. Kondisi inilah yang kemudian memicu bekas jerawat jadi tampak menggelap daripada kulit asli.

3. Pengaruh Hormon

Ada juga pengaruh hormon yang ikut berperan dalam mempengaruhi kondisi bekas jerawat yang menghitam. Biasanya kondisi ini terjadi saat perubahan hormon yang cukup besar, seperti ketika haid atau hamil yang rentan membuat bekas jerawat mengalami perubahan warna jadi lebih gelap.

4. Kebiasaan Memencet Jerawat

Sering dibuat gemas dengan kehadiran benjolan jerawat di wajah? Gara-gara hal tersebut, sebagian dari kamu mungkin sering melakukan kebiasaan memencet jerawat dengan harapan cepat hilang. Tapi, kebiasaan ini justru bisa memicu masalah kulit lainnya, lho!

Memencet jerawat bisa berisiko merusak jaringan kulit yang kemudian meninggalkan bekas hitam di permukaan wajah. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memicu transfer bakteri dan kuman yang malah menyebabkan jerawat makin parah, iritasi, hingga masalah kulit lainnya.

5. Iritasi Kulit

Saat sedang berjerawat, perhatikan dengan baik skincare dan produk lain yang digunakan. Jika tidak cocok dengan kondisi kulit, bisa memicu iritasi dan peradangan pada kulit dan memicu bekas jerawat jadi tampak hitam. Jadi, penting banget memilih produk yang mengandung formula untuk menenangkan kulit saat sedang mengalami breakout parah. 

Perawatan yang Diperlukan untuk Mengatasi Noda Hitam Bekas Jerawat

Secara umum, bekas jerawat menghitam memang bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, waktu yang diperlukan cukup lama, yaitu sekitar 3 bulan hingga 2 tahun, tergantung kondisinya masing-masing. Jadi, saatnya lakukan perawatan yang tepat untuk membantu menghilangkan noda bekas jerawat yang mengganggu penampilan yuk!

Hindari Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat jadi salah satu faktor yang memicu bekas jerawat meninggalkan noda berwarna hitam. Jadi, salah satu faktor penting untuk mengembalikan warna alami kulit adalah dengan menghentikan kebiasaan tersebut. 

Alihkan perhatian dengan fokus pada benda atau kegiatan lain agar dorongan untuk memencet jerawat bisa diabaikan. Alternatif lainnya, cobalah untuk menggunakan acne patch untuk menutupi jerawat yang meradang. Cara ini bisa membantu melindungi kulit yang berjerawat dari kebiasaan tangan dalam menyentuh dan memencet jerawat. Jadi lebih efektif kan?