bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Penyebab Jerawat di Leher dan Cara Mengatasinya

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 17 Mei 2024 06:40
    Bagikan  
Jerawat pada Leher
pinterest

Jerawat pada Leher -

HELOINDONESIA.COM - Banyak orang mengalami beberapa jerawat pada bagian tertentu salah satunya bagian leher. Yuk! Ketahui penyebab jerawat di leher dan cara cepat mengobatinya.
Jerawat adalah benjolan kecil, bengkak, dan keras yang muncul pada atau di bawah kulit dan dapat menimbulkan rasa sakit. Kebanyakan jerawat kecil di leher merespons dengan baik terhadap pengobatan rumahan dan obat-obatan yang dijual bebas. Jerawat di leher juga akan hilang dalam beberapa hari.

Orang dengan jerawat di leher yang parah, berlangsung lebih lama untuk masa penyembuhan. Biasanya terdiri dari beberapa minggu. Apabila pengobatan jerawat di leher tak kunjung sembuh, maka tindakannya harus berkonsultasi dengan dokter kulit.

Penyebab Jerawat di Leher
Jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat. Tidak jarang jerawat muncul di bagian leher, terutama di sekitar tengkuk.

Berbagai faktor dapat meningkatkan kemungkinan pori-pori tersumbat dan jerawat, termasuk tidak mencuci secara teratur atau menggaruk terlalu agresif. Hormon yang berfluktuasi, terutama pada masa pubertas dan menstruasi, serta sedang stres juga dapat menyebabkan jerawat.

Berikut adalah penyebeb jerawat di leher yang perlu diketahui:
1. Penggunaan Skincare
Mengoleskan riasan tebal atau losion, krim, atau tabir surya dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.
Tak hanya itu, menggunakan sampo, kondisioner, sabun mandi, atau sabun yang mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi, seperti pewangi, perasa, dan bahan kimia buatan yang dapat menghasilkan busa menjadi penyebab jerawat di leher.

2. Berhubungan dengan Rambut Kepala
Terlalu jarang mencuci rambut dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat khususnya di leher. Apabila rambut menyentuh atau bergesekan dengan leher, terutama rambut yang belum dicuci dapat mengandung minyak, kotoran yang dapat menyumbat pori-pori di sekitar leher. Ini bisa menyebabkan perkembangan jerawat, karena pori-pori tersumbat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan jerawat.

3. Pakaian
Pakaian atau alat olah raga yang menggesek atau memberi tekanan pada leher, seperti tali bra, kerah, atau helm bisa menjadi penyebab jerawat di leher. Bahan pakaian sintetis dan gatal yang bersentuhan dengan leher,
pakaian yang tidak dapat menyerap keringat, seperti poliester dan rayon juga menjadi pemicu timbulnya jerawat di leher.

4. Perhiasan
Penyebab jerawat di leher lainnya adalah kalung dan perhiasan lain yang mungkin bersentuhan dengan leher, terutama yang terbuat dari plastik, logam palsu, dan beberapa bahan nabati. Mengapa?

Kalung atau perhiasan yang sering bersentuhan dengan kulit leher dapat menyebabkan iritasi dan gesekan berlebihan. Hal ini dapat merusak lapisan pelindung kulit dan meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori di sekitar area tersebut. Selain itu, kotoran dan bakteri juga bisa menempel pada permukaan perhiasan dan ditransfer ke kulit, yang dapat menyebabkan perkembangan jerawat.

5. Tidak Mencuci Leher
Tidak mencuci leher dengan benar atau cukup sering, serta tidak membersihkan leher setelah berolahraga atau banyak berkeringat adalah penyebab umum timbulnya jerawat di leher. Tidak mencuci leher secara teratur dapat menyebabkan penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri di permukaan kulit. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu perkembangan jerawat. Selain itu, kotoran yang menumpuk juga dapat menyebabkan iritasi kulit, yang dapat meningkatkan risiko jerawat di area leher.