Helo Indonesia

Waspadai Efek Buruk Terlalu Sering Minum Teh saat Buka Puasa dan Sahur

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 15 Maret 2024 07:14
    Bagikan  
Teh
alodokter

Teh - Waspada efek minum teh terlalu sering saat bulan puasa

HELOINDONESIA.COM - Teh memang merupakan salah satu minuman favorit yang menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi saat buka puasa maupun saat sahur. Bila disajikan hangat, teh bisa memberikan efek rileks dan menenangkan. Sementara es teh bisa memberi kamu kesegaran tatkala kamu ingin menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian. 

Meski begitu, tahukah kamu bahwa minuman berkafein ini sebenarnya tidak baik untuk diminum saat buka puasa ketika perut dalam kondisi kosong? Apalagi bagi kamu yang mengidap penyakit maag. Begini alasannya.

Setelah berpuasa sepanjang hari, kamu dianjurkan untuk memenuhi kembali cairan tubuh yang hilang dengan banyak minum air. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati dalam memilih jenis minuman yang dikonsumsi saat buka puasa. Pasalnya, ada beberapa minuman yang tidak baik untuk tubuh bila dikonsumsi saat buka puasa, salah satunya adalah teh. Ini alasannya:

1. Bisa Memicu Asam Lambung Naik

Bagi kamu yang memiliki penyakit maag, sebaiknya jangan minum teh untuk buka puasa. Selama berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan sama sekali selama belasan jam. Nah, minum teh dalam kondisi perut kosong bisa memicu asam lambung naik, sehingga menyebabkan berbagai gejala yang tidak nyaman, seperti bersendawa, rasa terbakar di dada, dan lain-lain. 

2. Menyebabkan Sembelit

Minum teh untuk buka puasa di saat perut dalam kondisi kosong juga bisa menyebabkan sembelit. Hal itu karena teh mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai teofilin yang bisa menyerap cairan pada tinja, sehingga membuat tinja mengeras dan sulit dikeluarkan.

3. Memperlambat Penyerapan Nutrisi

Lantas, bagaimana bila minum teh untuk buka puasa dilakukan setelah mengonsumsi makanan berat? Nah, hal itu juga bisa memberi dampak negatif bagi tubuh. kandungan tanin dalam teh bisa mengganggu penyerapan banyak mineral, termasuk zat besi, seng, dan kalsium. Akibatnya, tubuh bisa kekurangan mineral tersebut dan memicu berbagai masalah kesehatan.

4. Membuat Sulit Tidur

Ingat, teh merupakan minuman yang mengandung kafein. Kandungan ini bisa menambah kewaspadaan kamu dan memperburuk kecemasan. Minum teh untuk buka puasa terlalu banyak bisa membuat sulit tidur, sehingga mengganggu puasa. 

Selama masa puasa, penting untuk tidur yang cukup agar tubuh tetap sehat menjalani aktivitas. Jadi, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein yang bisa memengaruhi ritme sirkadian yang mengganggu fungsi tubuh.

4. Meningkatkan Gula Darah

Minum es teh manis untuk buka puasa memang sangat nikmat dan bisa mengembalikan energi tubuh. Namun, terlalu banyak konsumsi gula juga tidak baik untuk tubuh. Hal itu bisa meningkatkan gula darah, membuat berat badan naik, dan tidak baik untuk kesehatan jantung.

Waktu minum teh yang disarankan, minum teh lebih baik dilakukan 1-2 jam sebelum atau sesudah makan. Hal ini penting agar zat yang terkandung dalam teh tidak menggangu penyerapan nutrisi dalam makanan.