Helo Indonesia

Memahami Championship Series, Empat Tim akan Berebut Menjadi Juara Liga 1 Indonesia 2024

Senin, 1 April 2024 21:28
    Bagikan  
LIGA INDONESIA
bola.com

LIGA INDONESIA - Ilustrasi klub Liga 1 Indonesia 2023/2024

HELOINDONESIA.COM - Diakhir Liga 1 Indonesia 2024, istilah championship series sering kali disebut-sebut dalam setiap pemberitaan dan menjadi keinginan setiap tim papan atas.

Championship series ini merupakan tahap kedua dari model kompetisi yang dijalankan Liga 1 Indonesia 2023/2024.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang memberlakukan dua tahap model kompetisi yang di jalani oleh 18 peserta kompetisi Liga 1 2023/2024.

Baca juga: Selangkah Lagi Persik Kediri Masuk Championship Series Liga 1 Indonesia, ini Logikanya

Dua tahap yang dijalani para kontestan Liga 1 Indonesia antara lain ada fase kompetisi reguler dan fase championship series.

Fase kompetisi reguler series merupakan sistem kompetisi yang dijalanan selama ini yang berakhir hingga pekan ke-34 pada 28 April 2024.

Sebanyak 9 pertandingan akan berlangsung di hari terakhir kompetisi pase reguler series hingga berakhir 28 April 2024 nanti.

Baca juga: Laga Calon dan Mantan Juara Liga 1 Indonesia, Prediksi Skor dan Link Live Streaming Malam ini

Nantinya dari kompetisi reguler series yang berlangsung sebanyak 34 pekan, akan memilih empat tim papan atas yang akan masuk dalam pase kedua championsehip series Liga 1 Indonesia.

Empat tim itu masing-masing diambil dari klasemen Liga 1 Indonesia untuk peringkat 1 hingga peringkat 4 yang akan dipertemukan pada fase kedua championship series.

Dengan sistem itu juara kompetisi Liga 1 2023/2024 Indonesia tidak langsung bisa diketahui dari jumlah poin tertinggi, namun akan diperebutkan secara terpisah di babak champhionship series.

Baca juga: Borneo FC Lolos Championship Series, Meninggalkan Jauh Persib, Bali United, Madura United PSIS dan Persik Kediri

Untuk pase babak kedua championship series nantinya akan digelar pada 4-26 Mei 2024, yang mengaku pada kompetisi Liga 1 2023/2024.

Dalam laga ini bakal mengusung kompetisi dengan format laga kandang dan laga tandang, atinya dalam laga ini tidak terpusat di satu stadion saja, namun bisa di kandang lawan maupun di kandang sendiri.

Dalam model kompetisi ini peringkat pemuncak klasemen kompetisi reguler bakal bertemu dengan peringkat ke empat besar, selanjutnya runner up akan menghadapi peringkat ketiga.

Sementara tim yang kalah agregat dalam pertandingan dengan skema dua leg tersebut akan dipertemukan untuk memperebutkan peringkat ketiga.

Baca juga: Selangkah Lagi Persik Kediri Masuk Championship Series Liga 1 Indonesia, ini Logikanya

Begitu selanjutnya tim yang menang akan bertarung di dalam laga final untuk menentukan siapa yang menjadi juara Liga 1 Indonesia 2024 nanti.

Selanjutnya juara liga dan runner up serta peringkat ketiga akan menjadi wakil Indonesia di kompetisi Asia.

Sementara jatah Indonesia di pentas Asia adalah play-off Liga Champhion, Piala AFC dan play-off Piala AFC.

Model kompetisi seperti ini menurut Ketua PSSI, Erick Tohir dibuat untuk meningkatkan kualitas kompetisi, selain sisi bisnis yang akan dinaikan.

Baca juga: Borneo FC Lolos Championship Series, Meninggalkan Jauh Persib, Bali United, Madura United PSIS dan Persik Kediri

Sementara untuk musim kompetisi Liga 1 2023/2024, sejauh ini tim Borneo FC Samarinda sudah dipastikan masuk dalam champhionship series dengan mengoleksi 70 poin.

Tim skuad Pesut Etam ini jauh meninggalkan lawan mainnya di peringkat kedua, ketiga dan seterusnya yang diduduki Persib Bandung dengan 55 poin, Bali United dengan 52 poin.

Kemungkinan besar tiga tim ini bakal menjadi kandidat sebagai tim untuk berlaga di championship series Liga 1 Indonesia 2024.

Baca juga: Setelah Libur Sepekan Persik Kediri Harus Mampu Sapu Bersih Lima Pertandingan

Sementara satu tiket menuju championship series nantinya akan diperebutkan Madura United, PSIS Semarang dan Persik Kediri yang berada di peringkat ke 4, 5 dan 6 klasemen sementara.

Sementara jauh ini seluruh tim masih menyisakan 4 pertandingan tersisa hingga kompetisi reguler series berakhir hingga pekan ke-34 pada 28 April 2024 mendatang. **