Helo Indonesia

Kampung Jelujur Sasirangan Resmi Diluncurkan

Anang Fadhilah - Ragam
Minggu, 30 Juni 2024 19:09
    Bagikan  
Sasirangan
Tehnik Jelujur

Sasirangan - aneka motif sasirangan Kota Banjarmasin. (ist/helokalsel)

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina secara resmi meluncurkan Kampung Tematik Jelujur Sasirangan pertama di Alalak Kota Banjarmasin Kalsel.  

Dalam sambutannya, Ibnu Sina mengungkapkan rasa hormat dan apresiasinya kepada seluruh warga, terutama para ibu yang bekerja sebagai penjelujur kain Sasirangan di daerah tersebut. Ia menyoroti betapa pentingnya peran mereka dalam menjaga kualitas dan keaslian kain Sasirangan.

"Kita harus bangga, Kota Banjarmasin telah mendapatkan sertifikat indikasi geografis dari Kalsel. Hal ini memastikan tidak ada pihak yang bisa mengklaim atau meragukan asal usul Sasirangan selain Kalimantan Selatan. Namun, perlu diingat bahwa kain Sasirangan tidak akan ada tanpa para penjelujur," jelasnya, Sabtu (29/6/2024).

Ibnu Sina berkata, dengan hadirnya Kampung Jelujur ini, diharapkan kualitas dan daya saing kain Sasirangan dari Kalsel akan meningkat. Selain itu, ini juga sebagai bentuk penghargaan kepada para penjelujur yang telah berkontribusi besar dalam melestarikan warisan budaya ini.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada Bank Kalsel yang telah menyalurkan dana CSR untuk para ibu penjelujur. Semoga ini dapat meningkatkan semangat mereka dalam menciptakan motif-motif baru dan menjaga kualitas terbaik dari kain Sasirangan," tutupnya.