Helo Indonesia

Baleho Jokowi Dukung Prabowo Jadi Presiden Bertebaran di Lampung

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Kamis, 1 Juni 2023 15:24
    Bagikan  
(Foto Helo Indonesia Lampung)

(Foto Helo Indonesia Lampung) - Salah satu poster yang terpampang dengan latar belakang Tugu Gajah/Adipura, pusat Kota Bandarlampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  Baleho Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung Prabowo Subianto disertai kutipan pesannya tersebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung: "2024 Jatahnya Pak Prabowo."

Tulisan tersebut berada pada bagian atas poster besar yang didominasi foto presiden dua periode itu terpampang di jalan-jalan protokol Kota Bandarlampung dan kabupaten/kota mulai minggu ini.

Di bagian bawahnya, ada pesan bertuliskan: Persatuan Membangun Bangsa, H. Prabowo Subianto, Calon Presiden 2024-2029. Di bawahnya, ada tambahan tagar: #IndonesiaTerusMaju.

Pesan benner yang tentu saja menggoda jelang Pilpres 2024. Presiden Jokowi adalah petugas partai yang harus tegak lurus atas keputusan partainya, PDIP yang telah mendeklarasikan bakal calon presidennya adalah Ganjar Pranowo.

Ucapan Presiden Jokowi terkait Pilpres 2024 sejak November 2022 dinilai memberi kode dukungan kepada sejumlah tokoh. Setidaknya, kode Jokowi soal Pilpres 2024 dinilai untuk Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Kode Jokowi kepada Prabowo terlontar saat memberi dirinya sambutan di HUT Partai Perindo di iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022).

Jokowi mengatakan setelah ini kemungkinan Pilpres 2024 jatahnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang merupakan rivalnya di dua pilpres sebelumnya. "Saya ini dua kali wali kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta, gubernur sekali menang," kata Jokowi.

Jokowi diusung untuk maju pilpres dan dua kali berhasil memenangkan kontestasi politik tersebut. Dia lalu meminta maaf kepada Prabowo Subianto sambil menyinggung jatah selanjutnya merupakan jatah Prabowo.

"Kemudian dua kali di pemilu presiden juga menang. Mohon maaf, Pak Prabowo," ujar Jokowi. "Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," sambung Jokowi.

Jokowi mempersilakan pernyataannya itu diartikan sebagai sebuah sinyal dukungan ke Prabowo Subianto. "Ya diartikan sinyal ya boleh tapi kan saya ngomong juga nggak apa-apa," kata Jokowi.

Namun, dalam kesempatan lainnya, Jokowi kepada ribuan relawan untuk memilih pemimpin di 2024 mendatang. Menurut Jokowi seorang pemimpin terlihat dari bagaimana penampilannya.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya," kata Jokowi dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Pertama, menurut Jokowi, seorang pemimpin yang memikirkan rakyatnya akan terlihat dari rambutnya. Jokowi juga menyinggung 'rambut putih' yang disebutnya sebagai pemimpin yang memikirkan rakyat.

Kedua, Jokowi meminta relawan untuk hati-hati memilih pemimpin yang berwajah 'cling'. Jika pemimpin tak ada kerutan di wajah, Jokowi meminta relawan hati-hati.(HBM)