Helo Indonesia

Makin Banyak Lurah Keluhkan Sumbangan Sapi Kurban Sejak Tahun Lalu di Bandarlampung

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 7 Juli 2023 14:54
    Bagikan  
Ilustrasi kurban

Ilustrasi kurban -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Semakin banyak lurah yang mengeluhkan sumbangan buat kurban sapi pada waktu Idul Adha 1444 H lalu. Mereka ada yang sampai hutang dan memotong dana operasional kelurahan.

Hal ini yang dikeluhkan beberapa lurah kepada Helo Indonesia Lampung, Jumat (7/6/2023). Menurut mereka, para camat yang mengkoordinirnya. Tak hanya Hari Raya Kurban 1444 H, tahun lalu juga begitu, curhat mereka.

Walau sumbangan, mereka mengaku tak ada yang berani menolaknya. Rata-rata, pengakuan para lurah yang tak mau disebutkan identitasnya karena takut kena mutasi, sumbangan antara Rp3-4 juta per kelurahan.

Jika semua sumbangan rata-rata Rp3 juta, maka total buat beli 20 sapi Rp378 juta. Jika dibelikan 20 sapi, maka harga rata-rata sapi per kelurahan Rp18.900.000. Belum termasuk, ongkos angkut dan motong.

Baca juga: Kapolres Kombes Pol Ino Kunjungi Korban Jatuh dari Lift Sekolah Az Zahra

Beberapa lurah menjapri Helo Indonesia Lampung mengeluhkan hal itu. Apalagi tukin, gaji ke-13 yang tak seberapa saja buat jatah lebaran keluarga. “Akhirnya, untuk menutupi sumbangan, saya harus hutang,” ujar salah seorang lurah.

Ada juga lurah yang menggeser dana operasionalnya buat sumbangan kurban. Setiap kelurahan mendapatkan dana operasional bervariasi, antara Rp15 juta hingga Rp7 juta.

Di Kota Bandarlampung, ada 20 kecamatan dan 126 kelurahan dengan rincian: Bumiwaras (5 kelurahan), Enggal (6), Kedamaian (7), Kedaton (7), Kemiling (9), Labuhanratu (6), Langkapura (5), Panjang (8), Rajabasa (7), Sukabumi (7).

Lainnya, Sukarame (6 kelurahan), Tanjungseneng (5), Tanjungkarang Barat (7), Tanjungkarang Pusat (7), Tanjungkarang Timur (5), Telukbetung Barat (5), Telukbetung Selatan (6), Telukbetung Timur (6), Telukbetung Utara (6), dan Wayhalim (6).

Baca juga: Riana Sari Arinal Kunjungi Jumbara PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023

Camat Kedamaian Joni Efriadi mengatakan tidak pernah meminta kepada lurah untuk sumbangan sapi kurban, karena sudah ada dari Wali Kota Eva Dwiana,. "Jadi buat apalagi sumbangan dari lurah, kasian jugalah mereka yang sudah cukup membantu kecamatan," ujarnya.

Menurut Socrat Pringgodanu, ketua Forum Camat, tidak ada kesepakatan untuk mengeluarkan biaya pembelian sapi kurban, kita pastikan tidak ada dari camat-camat yang memerintahkan lurah untuk sumbangan sapi kurban.

Sekdakot Bandarlampung Iwan Gunawan saat dikonfirmasi oleh Helo Indonesia Lampung mengatakan akan mempelajari adanya permintaan sumbangan pembelian hewan kurban oleh beberapa camat kepada para lurah.

Baca juga: Inovasi Nikuba Dilirik Lamborghini dan Ducati, DPR Minta BRIN Memverifikasi, Jangan Pandang Sebelah Mata

Pihaknya akan meminta Inspektorat untuk memanggil pihak-pihak yang meminta dan yang diminta untuk di cross cek apakah memang ada seperti itu. Dia juga mendengar kejadian serupa ini tahun lalu.

"Kita minta Inspektorat untuk menindaklanjuti kejadian ini,dan jangan sampai terulang lagi,malulah masa lurah harus sumbangan, namun kalau pun ada jangan dipaksa apalagi sampai berapa juta nominalnya,Kan namanya juga sumbangan sukarela,"paparnya

Sementara Kepala Dinas Sosial Aklim Sahadi mengatakan setiap kecamatan diberi Eva Dwiana satu ekor sapi kurban. "Jadi aneh saja kalau lurah disuruh sumbangan itu sudah gak wajar," tukasnya. (HBM/Hajim)