Helo Indonesia

Banyak yang Tidak Hafal Teks Pancasila, PDIP Kendal Dorong Pemerintah Beri Sosialisasi

Kamis, 1 Juni 2023 19:29
    Bagikan  
Banyak yang Tidak Hafal Teks Pancasila, PDIP Kendal Dorong Pemerintah Beri Sosialisasi

Jajaran DPC PDI Kendal saat Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman kantor PDI Perjuangan Kendal. Foto: Ani

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan terus mendorong Pemerintah untuk memberikan sosialisasi terutama kepada generasi muda terkait pentingnya nilai-nilai Pancasila.
Hal ini disampaikan Ketua DPC PDI Kendal, Akhmat Suyuti usai Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor PDI Perjuangan Kendal, Kamis 1 Juni 2023.

Akhmat Suyuti menilai, saat ini banyak generasi muda yang tidak hafal teks Pancasila, apalagi mengamalkan. Sehingga menjadi kewajiban pemerintah untuk mensosialisasikan Pancasila kepada seluruh masyarakat, terutama generasi muda.

"Kalau kita memperhatikan memang banyak yang kurang hafal ya. Maka dari itu, ini merupakan kewajiban Pemkab Kendal untuk terus mensosialisasikan Pancasila yang fungsinya sebagai way of life bangsa Indonesia," ujarnya.

Dipaparkan, fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa atau way of life mengandung makna bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila.

"Ya sekaligus harus kita hafal. Kemudian mengkaji, lalu juga mengamalkan. Ini yang juga merupakan tugas yang harus kita pikul bersama bagi semua anak bangsa," terang Suyuti yang merupakan Wakil Ketua 1 DPRD Kendal.


Tidak Mudah


Menurut Suyuti, cara untuk membentuk karakter generasi muda berlandasan Pancasila yaitu bangga terhadap NKRI, tidaklah mudah. Apalagi pengaruh berita hoaks dan aksi radikal, banyak bertebaran di media sosial.

"Pendidikan formal adalah salah satu tiang utama untuk mempersiapkan generasi muda agar mampu melanjutkan perjuangan bangsa yang sarat tantangan saat ini. Selain itu perbanyak sosialisasi dan ajak dialog kebangkitan nasional kepada para pemuda melalui dinas terkait," tandasnya

Dirinya mencontohkan, jaman dulu di sekolah ada pemahaman Pancasila dalam pelajaran Pendidikan Moral Pancasila. Bahkan para siswa baru akan didoktrin Pancasila melalui Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) atau Ekaprasetia Pancakarsa.

"Ya kalau zaman sekarang masih ada atau tidak. Yang jelas PDI Perjuangan akan mendorong kepada pemerintah supaya pentingnya pemahaman Pancasila bagi generasi penerus bangsa melalui sosialisai. Karena keberagaman, tegasnya, adalah modal sosial bagi bangsa Indonesia untuk mendorong negara ini lebih cepat maju," imbuh Suyuti.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kendal, Munawir menambahkan, generasi muda harus dipersiapkan agar mampu berselancar di tengah disrupsi dan menjadi generasi yang siap berada di berbagai situasi.

Ketua Komisi A DPRD Kendal tersebut berpesan berpesan, supaya para pemuda jangan lelah untuk belajar, terus menuntut ilmu dan selalu melestarikan pelaksanaan nilai-nilai kebangsaan dengan sepenuh jiwa dan raga.

"Dengan berbekal penanaman nilai kebangsaan yang kuat tersebut, diharapkan generasi penerus bangsa memiliki kemampuan untuk menemukan pekerjaan yang belum tercipta, mengantisipasi terobosan teknologi yang akan muncul, serta mempersiapkan diri untuk mengantisipasi masalah," ujar Munawir. (Anik)